Walhi Aceh: Illegal Logging dan Alih Fungsi Hutan Penyebab Terjadinya Banjir

Walhi Aceh: Illegal Logging dan Alih Fungsi Hutan Penyebab Terjadinya Banjir
Ilustrasi
A A A

"Itulah perilaku kita sendiri yang harus kita pertanggungjawabkan kepada alam semesta ini," ujar M. Nur

Banda Aceh, acehnews.id  - Direktur Walhi Aceh, Muhammad Nur, menyebutkan musibah banjir yang terjadi saat ini di beberapa kabupaten di Aceh lebih disebabkan oleh tingginya aktifitas illegal logging dan perubahan alih fungsi hutan.

"Setiap kabupaten itu punya kelakuan berbeda-beda. Tapi pada akhirnya adalah mengubah fungsi hutan yang harusnya melindungi sumber-sumber air ketika musim hujan seperti ini berubah menjadi bencana. Itulah perilaku kita sendiri yang harus kita pertanggungjawabkan kepada alam semesta ini," ujar M. Nur saat diminta tanggapannya, Senin, 7 Desember 2020, mengenai bencana banjir yang menerjang sebagian besar daerah di beberapa daerah di Aceh.

Lebih lanjut dia menjelaskan musibah banjir yang telah menenggelamkan beberapa desa dan berakibat timbulnya kerugian harta benda itu merupakan resiko yang harus ditanggung oleh manusia itu sendiri.

"Jadi wajar, dengan curahan hujan yang cukup tinggi saat ini menenggelamkan beberapa desa hingga merusak sebagian infrastruktur itu adalah bagian dari resiko yang harus kita tanggung bersama," tukas M. Nur.

Untuk itu, sambung dia, pihaknya tidak pernah berhenti untuk selalu mengingatkan semua unsur dan kalangan terhadap dampak negatif jika merubah fungsi hutan.

"Karena pada akhirnya manusia lah yang merubah fungsi hutan lebih dari 60 persen secara keseluruhan dari berbagai kegiatan kita sendiri," terang M. Nur’[]

Komentar

  Loading...