Waktu Kian Mepet, Thamren Ragu Partai Pengusung Dapat Persiapkan Figur Cawagub

Waktu Kian Mepet, Thamren Ragu Partai Pengusung Dapat Persiapkan Figur CawagubFoto: dok. istimewa
Thamren Ananda
A A A

Banda Aceh, acehnews.id  -- Pasca pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh pada 5 November 2020 lalu, energi partai pengusung tercurah pada pembicaraan siapa figur yang akan mendampingi Nova menghabiskan sisa masa jabatan 2017-2022.

Tidak terkecuali politisi muda ini, Thamren Ananda yang juga mantan Jubir Timses Irwandi-Nova. Melalui kicauannya hari ini di media sosial twitter, Thamren menyebutkan setelah Nova dilantik sebagai Gubernur Aceh definitif pembahasan tentang wagub semakin hangat.

"Semua partai pengusung sudah mulai mengambil ancang-ancang, untuk mengisi posisi wagub," kicau Thamren melalui akun twitternya, @thamren, Senin, 23 November 2020.

Lebih lanjut pria yang juga dikenal sebagai mantan Jubir Timses Irwandi-Nova ini menyebutkan yang paling menarik adalah terkait usulan PDI-P yang berencana mengusulkan calon dari luar kader partai, yang sejatinya merupakan mantan kompetitor Irwandi-Nova pada pilkada lalu, yakni Mualem.

"Namun secara aturan partai pengusung bisa mengusulkan siapa saja nama calon wagub untuk mendampingi Pak Nova dalam sisa masa jabatannya," cuit Thamren.

Dalam logika politik, tambahnya, setiap partai pengusung akan mengusulkan kader sendiri untuk mendampingi gubernur definitif. Menurut dia, hal itu bisa menjadi investasi politik bagi partai tersebut.

"Yang menjadi pertanyaan besar apakah dalam waktu singkat partai pengusung bisa mengambil kesepakatan untuk mengusulkan minimal dua nama ke gubernur," ujarnya.

Berdasarkan aturan, lanjut Thamren, wagub harus dilantik sebelum sisa masa jabatan tinggal 18 bulan, yang berarti Januari 2021 pendamping Nova sudah harus dilantik.

"Apakah dalam waktu dua bulan kurang partai pengusung bisa bersepakat untuk mengusulkan dua nama ke gubernur, kemudian diteruskan ke DPRA untuk dipilih," tulis Thamren dengan nada bertanya.

Dalam utas selanjutnya, Thamren dengan nada ragu mengatakan tidak meyakini jika partai pengusung dapat mempersiapkan dua nama calon wakil gubernur.

"Kalau dilihat dari dinamika yang berkembang di partai pengusung saya kurang yakin dalam waktu yang singkat partai pengusung bisa menyepakati minimal dua nama calon wagub," ucapnya.[]

Komentar

  Loading...