TMMD 110, TNI Kerjakan Pembukaan dan Pengerasan Jalan Sepanjang 10 Km

TMMD 110, TNI Kerjakan Pembukaan dan Pengerasan Jalan Sepanjang 10 Kmacehnews.id|Safri
Pasi Intel Dim CPL Kapten Murdani sedang memaparkan kegiatan TMMD ke 110 Kodim 0111/Bireuen
A A A

Bireuen, acehnews.id -- Kodim 0111/Bireuen akan melaksanakan pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 10 Km dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110, tahun 2021.

Kebijakan penentuan lokasi jalan tersebut diambil untuk menghubungkan jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tiga desa di daerah pedalaman Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen.

Hal tersebut dikatakan Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe melalui Pasi Intel Dim CPL Kapten Murdani, dalam acara Coffee Morning dengan insan Pers di Hotel Fajar, Minggu 28 Februari 2021.

"TMMD 110 di tahun 2021, diputuskan kebijakan di Alue Limeng, Kecamatan Jeumpa, menghubungkan tiga desa yaitu, Alue Limeng, Mon Mane dan Cot Meugo. Kenapa dipilih karena aksesnya krusial, jalan tertutup hanya bisa dilewati dengan motor trail saja," kata Kapten Murdani.

Dengan pembukaan jalan tersebut, kata Kapten Murdani, masyarakat setempat bisa menghemat waktu perjalanan hampir 20 Km, karena selama ini ketika menuju ke pusat Kecamatan dan Kota Bireuen harus memutar dari arah Simpang Jaya-Teupin Mane, Kecamatan Juli.

"Jarak yang kita kerjakan 10 KM, kalau berdasarkan RAP itu 9 KM, kita mengikuti berdasarkan arahan dari Mabes TNI yang harus dikerjakan sepanjang 10 KM," lanjut Kapten Murdani.

Sedangkan sumber anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 1,3 Miliar dari Pemda (Kabupaten Bireuen), kemudian dilaporkan ke pusat mabes TNI.

Selain kegiatan pembukaan dan pengerasan jalan, pada TMMD ke 110 turut dibangun 10 unit gorong-gorong di sepanjang jalan yang menghubungkan tiga desa tersebut. Di samping itu juga ada kegiatan sosial lain, seperti bedah rumah, pengecetan tempat pengajian dan poskamling.

Rencana Pembukaan TMMD nanti akan dibuka pada 2 Maret 2021mendatang di pendopo Bupati Bireuen, hal itu mengingat Prokes Covid-19 untuk menghindari terjadinya kerumunan wargawarga, sesuai ketetapan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.[]

Komentar

  Loading...