Tingkatkan Mutu Perpustakaan, DPKA Selenggarakan Penerapan Aplikasi Inlislite Bagi Pengelola Perpustakaan

Tingkatkan Mutu Perpustakaan, DPKA Selenggarakan Penerapan Aplikasi Inlislite Bagi Pengelola Perpustakaan
A A A

Banda Aceh, acehnews.id  -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) terus berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan penunjang perpustakaan bagi perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum lainnya. Salah satu kegiatan yang diselenggarakan yakni penerapan aplikasi inlislite bagi pengelola perpustakaan umum dan pengelola perpustakaan SMA/sederajat Kab/Kota se-Aceh.

Kegiatan penerapan aplikasi inlislite ini diikuti oleh pengelola perpustakaan SMA/Sederajat Kab/Kota se-Aceh yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 8 – 10 Maret mendatang yang diselenggarakan di hotel Mekkah Banda Aceh.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Dr. Edi Yandra, S.STP,MSP,dalam sambutanya saat pembukaan acara mengharapkan, setiap pengelola perpustakaan untuk terus meningkatkan kreativitas dan profesionalitas dalam meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan hingga berpengaruh pada tingginya budaya baca di Aceh.

“Pengelola perpusatakaan saat ini merupakan salah satu unjung tombak dalam mencapai program pemerintahan saat ini, yaitu Aceh Caroeng, anda dituntut untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitas dalam menata perpustakaan, hingga masyarakat tertarik untuk berkunjung,” ujar Dr. Edi Yandra, S.STP, MSP, Senin 8 Maret 2021.

Dr. Edi Yandra, S.STP,MSP menambhakan, Inovasi dapat di terapkan baik dalam menyediakan koleksi bahan pustaka yang beraneka ragam sehingga tidak monoton, inovasi layout gedung dan ruangan dan yang lebih penting lagi adalah inovasi dalam penerapan TIK atau teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan layanan untuk meningkatkan kinerja perpustakaan dan keperluan pemustaka.

Dengan penerapan inovasi tersebut diharapkan tujuan dari perpustakaan dapat tercapai, salah satunya bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan peserta didik dalam rangka mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyediaan sumber belajar.

Untuk terwujudnya hal tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh melalui berbagai program dan kegiatan akan berupaya melakukan peningkatan kinerja terhadap pembenahan perpustakaan yang ada di wilayah Aceh.

 Penyediaan buku dan e-book sesuai dengan kriteria dan kebutuhannya telah mulai dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh meskipun anggaran yang teralokasikan terbatas, namun sangat diperlukan sinergitas dan kerja sama dengan berbagai pihak lainnya untuk dapat dengan cepat memenuhi kebutuhan buku dan e-book bagi semua lapisan masyarakat. 

“Dalam mengkampanyekan minat dan budaya baca secara masif dan besar-besaran perlu adanya strategi-strategi dalam menumbuhkan minat baca. Hal ini menunjukan bahwa pemerintah serius dalam meningkatkan minat baca masyarakat agar tergerak untuk ikut serta dalam upaya menggalakkan minat dan budaya baca di tempatnya masing-masing.” tambahnya.

Sementara itu Zulkifli, S. Pd, M. Pd. Kepala Bidang Layanan Perpustakaan mengatakan tujuan dari penerapan aplikasi inlislite bagi pengelola perpustakaan umum dan pengelola perpustakaan SMA/sederajat Kab/Kota se-Aceh tersebut antara lain, untuk mendukung terwujudnya penyelenggaraa perpustakaan yang berbasis TIK, mewujudkan penyelenggaraan layanan prima perpustakaan sehingga pemustaka, peserta didik dan tenaga kependidikan dapat terlayani dengan baik;

“ Dan juga untuk meningkatkan kinerja perpustakaan yang bersangkutan secara keseluruhan,” ujar Zulkifli, S. Pd, M. Pd.

Inlislite merupakan suatu perangkat lunak otomasi perpustakaan yang dibangun oleh perpustakaan nasional pada tahun 2011 dan diberikan gratis kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

Inlislite versi 3.2 ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari versi sebelumnya dimana perangkat lunak ini dikhususkan bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus untuk mengembangkan perpustakaan digital. sehingga proses pelayanan perpustakaan menjadi lebih mudah dan lebih efektif.[]

Komentar

  Loading...