Tiga Mahasiswa UIN Ar Raniry Asal Malaysia Positif Covid-19, Begini Kronologinya

Tiga Mahasiswa UIN Ar Raniry Asal Malaysia Positif Covid-19, Begini Kronologinya
Ketua Pengarah Kesihatan, Datuk Dr Noor Hisham Abdullah dalam sidang media, di Putrajaya.
A A A

Banda Aceh, acehnews.id --- Tiga mahasiswa asal Malaysia yang kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh dilaporkan positif Covid-19.


Laporan ini disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia, Datuk Dr Noor Hisham Abdullah berkata kasus positif COVID-19 itu seperti dikutip dari website www.bharian.com, Minggu 19 April 2020.

Dua mahasiswa yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut adalah NA Binti MY mahasiswa UIN Ar-Raniry, NI Binti MF juga mahasiswa UIN-Ar-Raniry. Sementara untuk satu mahasiswa lainya belum diperoleh keterangan.

Dikabarkan, pemeriksaan terhadap para mahasiswa asal Malaysia yang kuliah di luar negeri ini dilakukan setelah ketiganya mendarat melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada 16 April lalu.

“Itu adalah 17 kasus yang saya umumkan kemarin dan hari ini ada 43 dari Magetan, Jawa Timur dan kemudian ada tiga dari Aceh, satu dari Turki dan satu dari Kalimantan,” kata Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah pada situs yang sama dalam bahasa melayu.

“Cluster ini melibatkan 43 siswa yang kembali dari Temboro, yang merupakan salah satu daerah yang dinyatakan sebagai zona merah di Kabupaten Magetan, Indonesia.

Noor Hisham mengatakan, perkembangan itu menunjukkan pentingnya mengkarantina pengungsi yang kembali.

“Ini menunjukkan keputusan pemerintah untuk mengkarantina dan menyaring semua orang Malaysia yang kembali dari luar negeri adalah keputusan yang tepat.

Kronologi Perjalanan Tiga Mahasisa UIN Ar Raniry Banda Aceh

- Pada Kamis 16 April 2020, ketiganya berangkat Dari Banda Aceh mereka menggunakan pesawat Lion

- Mereka tiba di KNO di Medan jam 10.30 WIB. Dan berangkat ke KLIA jam 15.40 WIB. Mereka stay transit 4 jam di KNO.,

- Sepanjang perjalanan pulang tiada simptom-simptom pada pelajar tersebut sehingga sampai di pusat karantina Malaysia di Malaka.

- Pada Jum'at 17 April 2020 -mahasiswa tersebut mengikuti uji swab di pusat kuarantin iaitu di Hotel DoubleTree by Hilton, Melaka.

- Pada Minggu 19 April 2020 - Kesemua mahasiswa dihubungi dan hasil ujian swab tersebut disahkan positif oleh pihak Kementerian Kesihatan Malaysia (KKM) dan dihantar ke Hospital Melaka.[]

Sumber:bharian.com

Komentar

  Loading...