Tidak Pakai Masker, Dihukum Adzan Seminggu

Tidak Pakai Masker, Dihukum Adzan Seminggu
A A A

Banda Aceh, acehnews.id – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman memberi sanksi kepada warga yang tidak memakai masker dengan antara lain hukum adat yang dilaksanakan oleh  pemerintah gampong dalam hal pelanggaran  4M di tempat ibadah dan fasilitas umum.

“Sanksinya berupa mengaji atau menghafal surat pendek, mengumandangkan adzan di masjid atau meunasah selama seminggu bagi pelanggar laki-laki  yang Muslim atau mengikuti pengajian di gampong selama empat hari berturut-turut. Bagi yang non Muslim menyesuaikan,” kata Aminullah Usman, Rabu (2/9/2020) di Banda Aceh.

Aminullah menyatakan masyarakat atau pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab tempat yang melanggar ketentuan Peraturan Wali Kota Banda Aceh nomor 51 perubahan 45 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebaga Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Banda Aceh, akan dikenakan sanksi mulai dari kerja sosial, sanksi adat, hingga sanksi administratif.

“Bagi perorangan yang melanggar Perwal 51 akan dikenai sanksi berupa kerja sosial, yaitu membersihkan fasilitas umum dan tempat ibadah paling lama dua jam.  Atau denda Rp 100.000,”  ungkap Aminullah dalam apel bersama dalam rangka penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19  di halaman Balai Kota Banda Aceh, Rabu (2/9/2020).

Komentar

  Loading...