Terjerat Perangkap Babi, Seekor Gajah Sumatera Mati di Kebun Warga

Terjerat Perangkap Babi, Seekor Gajah Sumatera Mati di Kebun Warga
A A A

Pidie, acehnews.id -- Seekor gajah liar jantan ditemukan mati di kebun warga Mila, Kabupaten Pidie pada Rabu, 9 Septemberv2020. Peristiwa tersebut diketahui sekitar pukul 10.50 saat warga pergi ke kebun di kawasan Gle Cut Desa Tuha Lala, Kecamatan Mila.

Kematian satwa dilindungi itu telah dilaporkan oleh pihak CRU Mila kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Petugas CRU Mila, Kausar mengatakan, gajah jantan yang mati di kebun warga akibat terjerat kawat perangkap yang dipasang warga untuk mengahalau babi. Kondisi gajah ditemukan mati dengan bekas luka pada bagian kaki akibat terjerat kawat.

"Hasil pengamatan kami gajah ini mati akibat terjerat kawat listrik. Diperkirakan gajah mati tadi malam," kata Kausar.

Saat ini gajah tersebut sudah dijaga oleh petugas CRU Mila untuk mengamankan gading. Sementara petugas BKSDA Aceh siang tadi masih dalam perjalanan ke lokasi untuk mengidentifikasi terkait kematian gajah liar sumatera.

Kausar juga menambahkan, saat ini puluhan ekor kawanan gajah liar masih berkeliaran di seputaran kebun warga. Pihaknya sudah seminggu terakhir bersama masyrakat setempat dan unsur Muspika mencoba menghalau gajah liar ke hutan.

"Kawanan gajah masih dalam seputaran kebun warga. Kami telah membagi tim untuk mengahalau kawanan gajah liar tersebut," ujarnya.

Sementara gajah jantan yang mati tersebut, nantinya akan dikuburkan. Namun untuk mekanisme menunggu petugas dari BKSDA Aceh.[]

Komentar

  Loading...