Tahun Ini, Parpol Boleh Belanjakan Dananya Untuk Kebutuhan Alat Prokes

Tahun Ini, Parpol Boleh Belanjakan Dananya Untuk Kebutuhan Alat Prokes
Ilustrasi
A A A

Banda Aceh, acehnews.id  -- Sejak tahun 2021 partai politik yang memperoleh bantuan keuangan dari pemerintah dibenarkan menggunakan dana nya untuk kebutuhan-kebutuhan yang bersifat pada penanggulangan dan penyebaran covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kaban Kesbangpol Aceh Drs. Mahdi Effendi melalui Kabid Politik Dalam Negeri Drs. Arsyi seusai membuka acara Rapat Koordinasi Bidang Politik Dalam Negeri Terkait Bantuan Keuangan Partai Politik tahun 2021 di aula Kesbangpol Aceh, Selasa, 9 Februari 2021.

"Melalui Permendagri No 78 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendagri No 36 Tahun 2018, partai politik yang memperoleh bantuan keuangan dari pemerintah pada tahun ini dapat membelanjakan dananya untuk obat dan pembekalan untuk sekretariat parpol nya. Kalau dulu itu tidak ada," jelas Drs. Arsyi kepada media ini saat ditemui di ruang kerjanya.

Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Aceh, Drs. Arsyi.

"Misalnya membeli kotak P3K, masker, hand sanitizer, dan peralatan kesehatan lainnya, itu boleh," tambahnya.

Kemudian, lanjutnya, untuk kegiatan penguatan kapasitas kader partai yang menjadi prioritas utk pendidikan politik juga terjadi perubahan. Kalau dulu, kata Drs. Arsyi, hanya dibatasi pada acara seminar atau workshop, untuk sekarang partai politik boleh melakukan kegiatan pendidikan politik berupa sosialisasi dan edukasi kebijakan protokol kesehatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019."

"Misalnya kegiatan pendidikan politik sebagaimana dimaksud dilakukan dalam bentuk pertemuan secara daring atau pertemuan terbatas sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Disease 2019," terang dia.

Selain itu, tambah dia, bentuk kegiatan lain yang dapat dilakukan berupa penyediaan perbekalan atau alat kesehatan pencegahan pandemi Corona kepada anggota partai politik dan masyarakat berupa masker, sabun cuci tangan, hand sanitizer, tempat cuci tangan, vitamin, pelindung wajah, sarung tangan, dan/atau penyemprotan disinfektan.

"Dukungan ini merupakan bentuk sinergitas serta komitmen antara pemerintah dan parpol sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19," tegas dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari panitia, acara sosialisasi itu diikuti oleh perwakilan 23 Kab/kota Kesbangpol se Aceh. Dari amatan Acehnews, acara tersebut digelar dibawah penerapan Prokes yang ketat. Terlihat seluruh peserta mengenakan masker dan saling menjaga jarak satu sama lain.[]

Komentar

  Loading...