Satu Unit Rumah Kebakaran, Api Padam Berkat Kesigapan Warga

Satu Unit Rumah Kebakaran, Api Padam Berkat Kesigapan Warga
A A A

Bireuen, acehnews.id -- Satu unit rumah milik Zulkifli Abdullah (53), warga Gampong Pante Piyeu, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen mengalami kebarakan, Kamis 20 Mei 2021.

Menurut informasi yang dihimpun media ini, Zulkifli selama ini tinggal sendiri di rumahnya.

Awalnya, api dilihat oleh salah seorang tetangga korban yang lewat depan rumah yang berkontraksi papan dan beratapkan daun rumbia, pada sudut kiri rumah muncul api yang seketika membesar dan menjalar ke bagian rumah lainnya, apalagi ketika itu angin berhembus kencang.

Setelah melihat api yang memerah membumbungkan asap tebal, sontak peristiwa itu diberitahukan kepada warga sekitar. Beruntung api berhasil dikendalikan berkat usaha warga.

Hal itu dikatakan Ketua Pemuda Gampong Pante Piyeu, Ikbal (31) bahwa dengan sigap bersama warga saling bahu membahu memadamkan api dengan alat seadanya baik itu timba maupun ember menarik silang air dari rumah tetangga.

"Api pertama kali terlihat di sudut bawah sebelah kiri rumah, kami timba air, dipadamkan dengan menyiram dengan timba dan ember dan pakai selang pipa milik rumah warga sekitar," kata Ikbal menceritakan upaya warga dalam memadamkan api.

Begitu pula, kata Ikbal, atap dengan material daun Rumbia didorong dengan menggunakan kali supaya api tidak menjalar dengan mudah di semua bagian atap.

"Atap daun rumbia terpaksa kami jatuhkan dengan kayu supaya tidak membakar semua atap, karena daun mudah kali terbakar," ucap Ikbal.

Pada saat 5 unit armada pemadam kebakaran ke lokasi, api sudah berhasil dipadamkan oleh warga, namun masih ada beberapa bara yang akhirnya dilakukan sterilisasi dan pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran.

"Alhamdulillah kami berhasil memadamkan api, waktu datang pemadam sudah tidak terlihat api, cuma tinggal bara daja dan dilakukan pendinginan," pungkasnya.[]

Komentar

  Loading...