Riset: Indonesia Jadi Negara Paling Berisiko Second Wave Corona

Riset: Indonesia Jadi Negara Paling Berisiko Second Wave CoronaJP/Seto Wardhana
Ilustrasi
A A A

Oleh : Edwan Ruriansyah

POTENSI bahaya gelombang II atau second wave wabah corona covid-19 mengancam Indonesia. Hasil studi dan riset menyebut Indonesia masuk level negara paling berisiko mengalami bahaya second wave bersama 14 negara lain di dunia.

Nomura melakukan riset dan analisis di 10 negara bagian di Amerika Serikat serta 45 negara dengan potensi ekonomi besar di dunia yang sedang membuka diri memasuki era new normal. Datanya diambil dari Google sesuai mobilitas masyarakat dan banyaknya kasus Covid-19 terkini. 

Dari riset data sepekan terakhir, muncullah analisisnya yakni 45 negara terbagi menjadi 3 level bahaya second wave. Pada level 1, ada 17 negara yang bisa segera memulihkan kondisi ekonominya karena hanya ada ancaman kecil alias nyaris hampir tak ada gejala second wave.  Di level ini, di antaranya ada Australia, Jepang, Italia dan Korea Selatan.

Lalu, 13 negara dalam level peringatan akan potensi second wave. Jerman bersama Belanda, AS, Inggris serta negeri jiran Malaysia masuk di level ini.

Dan terakhir, 15 negara dalam zona bahaya atau paling berisiko terkena second wave Covid-19. Indonesia masuk di level 3 ini bersama Argentina, Brasil, Kanada, Chile, Kolombia, Ekuador, India, Meksiko, Pakistan, Peru, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan dan Swedia. 

Anehnya, riset ini tak mencantumkan China yang diduga kuat menjadi negara asal virus ini.


 
Tak dimungkiri, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi ekonomi dunia. Dan tentu saja, second wave harus dihindari jika ekonomi tak ingin makin terpuruk. Apalagi, seperti kasus Spanish Flu pada 1918, infeksi second wave lebih mematikan dibanding first wave atau gelombang I.

Level negara-negara di dunia terancam Second Wave:


Level 1 (ancaman kecil/nyaris tak ada):


Australia, Austria, Belgia, Kroasia, Republik Ceko, Prancis, Yunani, Israel, Italia, Jepang, Luxemburg, Norwegia, Rumania, Korea Selatan, Spanyol, Swiss, Thailand

Level 2 (sedang/peringatan):


Denmark, Finlandia, Jerman, Hungaria, Irlandia, Malaysia, Belanda, Filipina, Polandia, Portugal, Turki, Inggris, Amerika Serikat

Level 3 (bahaya/paling berisiko):


Argentina, Brasil, Kanada, Chile, Kolombia, Ekuador, India, Indonesia, Meksiko, Pakistan, Peru, Arab Saudi, SIngapura, Afrika Selatan dan Swedia.[]

Komentar

  Loading...