Resmi Diperkenalkan, Begini Kecanggihan dari iOS 15

Resmi Diperkenalkan, Begini Kecanggihan dari iOS 15
Foto: Ilustrasi Apple. (AP/Andy Wong)
A A A

Jakarta, acehnews.id -- Dalam gelaran WWDC 2021 yang dimulai tadi malam, Apple secara resmi memperkenalkan sejumlah pembaruan fitur-fitur yang tersedia pada iOS 15.

Dalam pembaruan nanti, akan ada perubahan yang datang pada FaceTime dan notifikasi. Selain itu juga memberikan lebih banyak kontrol pada privasi.

Berikut beberapa pembaruan fitur yang tersedia nanti di iOS 15, dikutip dari The Verge, Selasa 8 Juni 2021.

FaceTime

FaceTime akan mendapatkan beberapa pembaruan besar. Misalnya audio spasial yang merefleksikan lokasi pembicara pada layar dan juga voice isolation yang akan membantu mengurangi suara gangguan di latar belakang.

Selain itu juga akan ada mode potrait, dimana latar belakang pengguna akan berubah menjadi blur dan bisa digunakan saat sedang melakukan FaceTime. Pengguna juga bisa membagikan musik dan video selama panggilan berlangsung.

FaceTime juga bisa mengundang pengguna Android. Caranya dengan membagikan link untuk membuka panggilan pada browser.

Notifikasi

Pada iOS 15, notifikasi akan mendapatkan gambaran baru dengan foto kontak pada notifikasi teks dan ikon aplikasi lebih besar. Ada juga mode filter baru bernama Focus yang memungkinkan menyesuaikan notifikasi mana yang muncul pada saat aktivitas yang berbeda.

Pengguna juga bisa mengatur laman home screen dengan widget dan aplikasi yang sesuai dengan mode Fokus yang telah dipilih.

Selain itu juga ada pilihan mengelompokkan notifikasi tertentu dan menerimanya sebagai ringkasan waktu tertentu dalam sehari.

Pesan

Dalam pembaruan nanti memungkinkan orang lain melihat saat mengaktifkan mode DO Not Disturb atau jangan diganggu melalui pembaruan otomatis status di Pesan. Mode ini juga bisa diganti untuk pesan penting.

Sementara untuk foto yang dibagikan pada pesan secara otomatis dikelompokkan pada kolase. Foto itu akan muncul seperti di galeri foto dan memories.

Kontrol Privasi

iOS 15 akan memasukkan semua pemrosesan permintaan pada Siri secara default. Pengguna akan mendapatkan Laporan Privasi Aplikasi dalam ringkasan tujuh hari mengenai seberapa sering aplikasi mengakses informasi terkait lokasi dan mikrofon atau melalui kamera ponsel.

Pada Mail juga akan memblokir piksel pelacakan, ini biasa digunakan dalam email marketing untuk menentukan apakah email dibuka dan dibaca.

Pembaruan Lain

Selain fitur-fitur tadi juga akan ada sejumlah fitur baru. Misalnya LiveText untuk kemampuan mencari teks dalam foto. Selain itu untuk ada kemampuan untuk mencari di Spotlight, Airpods dengan pembaruan audio, serta kemampuan menemukan Airpods Pro dan Airpods Max dengan Find My.

Apple Wallet juga akan mendukung lebih banyak item seperti kunci kamar hotel atau identifikasi informasi lain untuk Transportation Security Administration atau TSA.

Selain itu Maps juga mendapatkan pembaruan dengan 'peningkatan detail yang ditingkatkan secara signifikan di kota'. Serta juga ada tampilan kota dalam tiga dimensi saat menggunakannya di ponsel atau CarPlay.

iOS 15 telah datang untuk beta pengembang. Sementara bagi beta publik dimulai pada Juli mendatang dan tiba untuk pengguna lebih luas dalam beberapa bulan ke depan. 

Daftar perangkat yang mendapatkan iOS 15 adalah yang telah didukung iOS 14 sebelumnya. Berikut daftar perangkat yang mendapatkan dukungan iOS 15:

iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max
iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max
iPhone XS, iPhone XS Max
iPhone X, iPhone XR
iPhone 8, iPhone 8 Plus
iPhone 7, iPhone 7 Plus
iPhone 6S, iPhone 6S Plus
iPhone SE (generasi pertama dan kedua)
iPod Touch (generasi ketujuh).[]

Sumber:CNBC

Komentar

  Loading...