Rekomendasi 5 Film Bollywood Ikonis

Rekomendasi 5 Film Bollywood Ikonis
3 Idiots merupakan film yang mendulang kesuksesan dan menjadi salah satu dari deretan film Bollywood tersukses sepanjang masa. (dok. Vinod Chopra Productions via IMDb)
A A A

Jakarta, acehnews,id -- Film Bollywood masih digandrungi secara luas, bukan hanya di India melainkan juga di Indonesia. Beberapa bahkan terbilang ikonis dan amat berkesan bagi masyarakat Indonesia.

Sejumlah film Bolllywood dianggap ikonis bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya karena tarian atau akting para pemainnya, tetapi juga dari ceritanya berhasil menyentuh sanubari penonton.

Berikut lima film rekomendasi film Bollywood ikonis yang patut ditonton ulang dan tak akan pernah lekang oleh waktu.

 

1. 3 Idiots

3 Idiots merupakan film yang mendulang kesuksesan dan menjadi salah satu dari deretan film Bollywood tersukses sepanjang masa.

Kala dirilis pada 2009, film garapan Rajkumar Hirani ini berhasil mendulang 4,6 miliar rupee dari bujet sebesar 550 juta rupee. Film ini bukan hanya diterima pasar domestik India, tetapi juga di berbagai negara termasuk Indonesia.

3 Idiots mengisahkan pertemanan tiga orang mahasiswa teknik di India, yaitu Farhan (Ranganathan Madhavan), Raju (Sharman Joshi), dan 'Rancho' Shamaldas Chanchad (Amir Khan).

Ketiganya kuliah di kampus bergengsi dan dikenal memiliki peraturan yang amat disiplin. Dalam perjalanan studi mereka, ketiganya berusaha melawan sistem diktator yang ada dalam kampus tersebut namun juga bergelut dengan masalah cinta juga persahabatan.

Film dengan line terkenal "All is well" ini berhasil meraih berbagai film dalam ajang perfilman, tak cuma di India tetapi juga di berbagai negara lainnya.

 

2. Kuch Kuch Hota Hai

Kuch Kuch Hota Hai adalah salah satu film legendaris dan ikonis bagi citra Bollywood di mata penonton Indonesia. Rilisan 1998 ini termasuk salah satu film yang kerap kali diputar ulang di stasiun televisi dalam momen-momen tertentu.

Kuch Kuch Hota Hai mengisahkan perjalanan cinta segitiga yang terjalin antara Rahul (Shahrukh Khan), Anjali (Kajol) dan Tina (Rani Mukherjee). Persahabatan Rahul dan Anjali yang telah berjalan amat dekat sempat terganggu dengan kehadiran Tina yang membuat Rahul jatuh cinta.

Ketika Tina meninggal dunia usai melahirkan anaknya dengan Rahul, ia sempat meninggalkan pesan untuk sang anak bila sudah dewasa. Ia ingin anaknya menyatukan Rahul dengan sahabatnya sejak lama, Anjali.

Kuch Kuch Hota Hai merupakan penampilan duet Khan dan Kajol untk keempat kalinya dan menjadi salah satu film yang sukses, baik secara komersial maupun penghargaan.

Film berbujet 140 juta rupee ini diketahui mendulang bos office hingga 1,07 miliar rupee dan menjadi film India tersukses di pasar internasional pada masa itu.

 

3. PK

Film PK atau 'Peekay' mengisahkan alien (Aamir Khan) yang tiba di Bumi dan dirampok. Orang-orang yang bertemu dengannya keheranan dan meduga apakah ia "pee kay" alias mabuk.

Suatu kali, PK bertemu dengan Jaggu (Anushka Sharma) yang akan membantunya. Namun dalam perjalanan, keduanya justru terlibat dalam masalah perasaan dan cinta.

Film PK dianggap memiliki filosofi mendalam dan bukan hanya sekadar mengisahkan fiksi ilmiah yang dicampur dengan drama.

Film ini menjadi kesuksesan sutradara Rajkumar Hirani dan penulis Abhijat Joshi berikutnya setelah 3 Idiots yang rilis pada 2009.

 

4. Kabhi Khushi Kabhie Gham

Kabhi Khushi Kabhie Gham (K3G) sebenarnya mulai digarap sejak 1998, sesaat setelah debut sutrdara Karan Johar dalam Kuch Kuch Hota Hai. Namun film ini baru resmi dirilis pada 2001.

K3G mengisahkan Yashvardhan "Yash" Raichand (Amitabh Bachan), pebisnis sukses yang tinggal di Delhi bersama istrinya Nandini (Jaya Bachchan), serta dua putranya, Rahul (Shah Rukh Khan) dan Rohan (Hrithik Roshan).

Rumah tangga Raichand terbilang amat patriarkis dan kolot akan tradisi. Namun tradisi tersebut mulai goyang seiring dengan perkembangan anak-anaknya memasuki dunia dewasa.

Film Kabhi Khushi Kabhie Gham yang berbujet 400 juta rupee ini berhasil mendulang kesuksesan di pasar domestik India sehingga meraup 1,36 miliar rupee. Film ini pun mengalahkan rekor Kuch Kuch Hota Hai.

5. Dangal

Dangal merupakan film Bollywood ikonis yang sekaligus menjadi terlaris secara global dengan pendapatan mencapai US$330 juta dari bujet sebesar US$9,8 juta.

Dangal mengisahkan kisah nyata pegulat senior India bernama Mahavir Singh Phogat. Ia berhasil melatih anak-anak perempuannya menjadi pegulat kelas dunia.

Dalam film ini, sosok Mahavir diperankan oleh Aamir Khan. Sedangkan dua anak Mahavir, Geeta dan Babita diperankan oleh Fatima Sana Shaikh dan Sanya Malhotra.

Kala dirilis pada 2016, film ini menuai banyak pujian dari kritikus, berbagai penghargaan di domestik India dan internasional, serta kesuksesan komersil yang mencetak rekor.[]

Komentar

  Loading...