Putuskan Rantai Covid-19 di Pusong Lama, Mahasiswa Unimal Edukasi Warga

Putuskan Rantai Covid-19 di Pusong Lama, Mahasiswa Unimal Edukasi Wargaacehnews.id| istimewa
A A A

Lhokseumawe, acehnews.id -- Pandemi Covid-19 atau virus corona masih terjadi di Indonesia. Walaupun curva menunjukkan penurunan dari 3.602 kasus pada 20 Oktober, menurun menjadi 2.973 kasus pada 3 November. Tetapi penurunan ini belum berarti hilangnya kasus Covid-19 di Indonesia.

Sejak 20 Oktober 2020 lalu mahasiswa Universitas Malikussaleh (UNIMAL) mengambil peran untuk meminimalisirkan penurunan Covid-19 dengan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN-Covid-19) di Kampung Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Mahasiswa mengajak warga untuk hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan dari badan kesehatan dunia WHO, melalui program kerja yang dibuat oleh mahasiswa dan bekerja sama dengan Satgas setempat melakukan edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya pencegahan dan penyebaran virus tersebut.

Mahsiswa KKN Unimal Raisul fadhlan kepada acehnews.id, Minggu 15 November 2020 mengatakan, edukasi dimulai dengan perkenalan lingkungan kampung dan pendekatan masyarakat kepada mahasiswa. Edukasi dilakukan secara berkeliling ke 5 lorong di Kampung Pusong Lama serta ke sekolah yang ada di sekitaran kampong tersebut, guna mengetahui batas Kampung Pusong lama keseluruhan.

Menciptakan lingkungan yang sehat mahasiswa KKN membersihkan meunasah serta penyemprotan disinfektan ke area kantor Kepala Desa, Taman Kanak kanak dan juga meunasah.

"Pembersihan meunasah dilakukan secara rutin seminggu dua kali dan penyemprotan TK serta Meunasah dilakukan seminggu sekali," katanya.

Raisul fadhlan mengatakan, bantuan kesehatan ke masyarakat berupa masker bahan kain yang dapat digunakan berulang kali setelah dicuci. Mahasiswa membagikan paket kesehatan berupa dua masker bahan kain, brosur dan sticker edukasi untuk masyarakat

'Ini dikarenakan masker sekali pakai tidak efektif untuk warga Kampung Pusong Lama," ujarnya.

Raisul fadhlan menjelaskan, brosur dalam paket kesehatan dibagikan ke masyarakat sebagai pengingat pencegahan dan penyebaran covid, di dalam brosur menjelaskan cara pencegahan dan gerakan hidup sehat saat pandemik berlangsung.[]

Komentar

  Loading...