Polri Akui Tembak 4 Laskar FPI di Dalam Mobil

Polri Akui Tembak 4 Laskar FPI di Dalam Mobil
VERSI POLISI: Adegan rekonstruksi penembakan laskar FPI di tol Jakarta-Cikampek. Empat laskar FPI disebut hendak merebut senjata api milik polisi.
A A A

Jakarta, acehnews.id – Bareskrim Mabes Polri dan Polda Metro Jaya telah melakukan rekonstruksi terkait bentrokan yang terjadi antara anggota Polri dan laskar khusus pengawalan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (13/12) kemarin. Hasil rekonstruksi tersebut didapati fakta jika anggota polisi menembak empat laskar dari jarak dekat, yakni di dalam mobil.

Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyampaikan, empat laskar yang masih hidup kala itu dibawa masuk ke dalam mobil polisi yang berisi tiga petugas. Di dalam mobil, empat simpatisan FPI itu ingin merebut senjata milik polisi.

“Kenapa dilakukan penindakan tegas dan terukur? Karena yang bersangkutan ingin merebut senjata milik petugas,” kata Kombes Pol Ramadhan kepada wartawan, Selasa (15/12).

Karena tindakan itu, polisi akhirnya menindak tegas keempat laskar dengan cara menembak. Tembakan jarak dekat itu juga membuat para laskar tewas menyusul dua temannya yang lebih dahulu tewas akibat baku tembak.

“Tentunya ketika direbut suatu hal yang berpotensi membahayakan petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur,” pungkas Ramadhan.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri, Polda Metro Jaya dan Polres Karawang menggelar rekonstruksi di empat titik terkait dengam kasus penyerangan Laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Jakarta-Cikampek. dalam empat Tempat Kejadian Perkara (TKP) setidaknya digelar 58 adegan rekonstruksi.

“Dalam proses rekonstruksi malam ini setidaknya ada 58 adegan rekonstruksi,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono dalam keterangannya, Senin (14/12).

Argo merinci, pada TKP pertama tepatnya di depan Hotel Novotel, Jalan Karawang Internasional, setidaknya ada sembilan adegan. Sementara lokasi kedua yakni, selepas bundaran Jalan Karawang Internasional hingga Gerbang Tol Karawang Barat arah Cikampek ke Rest Area KM 50 ada empat adegan.

Sedangkan di Rest Area KM 50 yang menjadi TKP ketiga penyidik melakukan adegan rekonstruksi sebanyak 31. TKP terakhir yakni, Tol Japek selepas Rest Area KM 50 hingga KM 51, penyidik memperagakan 14 adegan.

Argo menambahkan, rekonstruksi yang digelar secara transparan ke masyarakat ini setidaknya menghadirkan saksi sebanyak 28 orang. Bahkan, empat diantaranya merupakan polisi yang menjadi korban dalam penyerangan tersebut.

“Jumlah saksi yang dihadirkan malam ini ada 28 orang. Saksi korban ada empat,” pungkas Argo.[]

Sumber:jawapos.com

Komentar

  Loading...