Pesawat N219 Buatan RI Sudah Ada yang Pesan, Ini Pembelinya

Pesawat N219 Buatan RI Sudah Ada yang Pesan, Ini Pembelinya
Foto: Miniatur Pesawat Dirgantara Indonesia (CNBC Indonesia/Ester Christine Natalia)
A A A

Jakarta, acehnews.id -- PT Dirgantara Indonesia, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) produsen pesawat terbang tengah menjalani uji terakhir pengetesan sertifikasi pesawat N219 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Jika lolos, maka jalan untuk memproduksi pesawat secara series akan terbuka lebar di awal tahun depan.

"Ini sudah tahap akhir, mudah-mudahan akhir tahun ini sertifikasinya selesai, dibuktikan dengan terbitnya Type Sertificate dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU)," kata Direktur Niaga PTDI Ade Yuyu Wahyuna kepada CNBC Indonesia, Jumat 11 Desember 2020.

Ia menjelaskan, melalui uji terakhir ini, pilot yang mengambil kendali penerbangan untuk pengetesan bukan lagi berasal dari PT DI, melainkan dari otoritas atau authority on board. Tahap itu bisa ditempuh setelah pada masa awal lebih banyak pengetesan oleh internal sendiri.

"Selesai itu maka sudah bisa memulai tahap produksi, ini tetap prototipe bukan pesawat yang langsung bisa dipakai. Tapi paling tidak bisa memulai tahap produksi. Setelah TC melangkah ke production sertificate, jadi izin memproduksinya siap memproduksi series, tinggal customer butuh berapa, kapasitas kita berapa. Kalau bisa 4 per tahun bagus," jelas Ade.

Meski baru memulai tahap pengetesan, namun nyatanya sudah ada pihak yang berminat untuk membelinya. Ade menjelaskan bahwa pesawat ini dijual secara komersil, sehingga jika banyak tipe lain dibeli untuk kebutuhan militer, maka kali ini juga bisa untuk sipil.

"Yang jelas kita komersil targetnya. N219 pasar komersil. Yang sudah pembicaraan dengan Pemprov Aceh yang berminat untuk menjadi yang pertama. Saya juga setelah selesai ini akan kontak lagi update dengan Pak Gubernur," sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro menyatakan prosesnya berjalan sejak beberapa bulan terakhir. Dalam waktu dekat, ia menargetkan bakal ada perkembangan yang signifikan pada pesawat tersebut.

"Pagi ini saya baru saja menyaksikan di Bandung penerbangan uji terakhir dari N219 yang merupakan bagi dari PRN (Prioritas Riset Nasional). Harapannya sebelum tutup tahun sudah dapat sertifikasi dari Kemenhub Dirjen Perhubungan Udara sehingga tahun depan N219 bisa dipakai secara luas dan masuk tahap pengoperasian," kata Bambang dalam Indonesia Outlook 2020, Jumat 11 Desember 2020.[]

Sumber:CNBC

Komentar

  Loading...