Peluangnya Besar, Cek Formasi CPNS dan Instansi Sepi Peminat

Peluangnya Besar, Cek Formasi CPNS dan Instansi Sepi Peminat
Foto: Infografis/Astaga.....Ada 1,3 Juta Lowongan CPNS di 2021
A A A

Lowongan CPNS dibuka setelah pada tahun lalu ditiadakan karena pemerintah fokus pada penanganan dampak pandemi Covid-19.

Jakarta, acehnews.id -- Pemerintah akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK) pada tahun ini.

Lowongan CPNS dibuka setelah pada tahun lalu ditiadakan karena pemerintah fokus pada penanganan dampak pandemi Covid-19.

Proses pendaftaran tahun ini akan dilakukan dalam waktu dekat ini, tepatnya pada akhir bulan ini atau 31 Mei 2021. Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti seleksi, maka ada beberapa strategi yang perlu Anda siapkan.

Misalnya, memilih formasi CPNS yang memiliki sedikit saingan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara Anda untuk mengikuti CPNS tahun ini agar dengan mudah lolos seleksi.

Jika mengacu pada tahun lalu, ada beberapa lowongan CPNS yang pendaftarannya sepi peminat. Berikut datanya, berdasarkan catatan Badan Kepegawaian Negara (BKN):

- Pengelola Kelistrikan Perkeretaapian
- Masinis III Kapal Kelas I
- Asisten Ahli - Dosen Arkeologi
- Asisten Ahli - Dosen Audit Perbankan Syariah
- Asisten Ahli - Dosen Bahasa Jawa Kuno
- Asisten Ahli - Dosen Bahasa Mandarin
- Asisten Ahli - Dosen Bahasa Pali
- Asisten Ahli - Dosen Bermain dan Permainan RA/PAUD
- Asisten Ahli - Dosen Dharma Wacana Hindu
- Asisten Ahli - Dosen Diksi

Selain itu, ada pula instansi yang paling sedikit memiliki jumlah pelamar berdasarkan data tahun lalu. Berikut rinciannya :

- Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya
- Sekretaris Komnas HAM
- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme
- Badan Pembinaan Ideologi Pancasila
- Kementerian Riset dan Teknologi

Sebagai informasi, total kebutuhan ASN tahun ini sebanyak 1.275.384 formasi. Kebutuhan ini untuk Pemerintah Pusat sebanyak 83.669 dan Pemerintah Daerah sebanyak 1.191.718 formasi.

Untuk kebutuhan Pemda terdiri dari guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.002.616 formasi dan PPPK non guru 70.008 formasi serta CPNS 119.094 formasi.[]

Sumber:CNBC

Komentar

  Loading...