Operasi Yustisi, 102 Pengguna Jalan Terjaring di Peusangan

Operasi Yustisi, 102 Pengguna Jalan Terjaring di Peusangan
A A A

Bireuen, acehnews.id -- Tim gabungan yang terdiri dari Satpol-PP dan WH, Polisi, TNI, Dinkes dan BPBD di Kabupaten Bireuen melakukan operasi yustisi, Rabu 19 Mei 2021 di Matang Geulumpang Dua, tepatnya di depan kantor Camat Peusangan.

Operasi yustisi tersebut menyasar pengguna kendaraan bermotor yang melintasi jalan Nasional Medan-Banda Aceh. Dalam operasi yustisi itu petugas berhasil menjaring 102 orang pengguna jalan yang tidak memakai masker.

Pantauan acehnews.id di lokasi, yang terjaring, namanya dicatat sesuai data di KTP dan menandatangani surat pernyataan tidak mengulangi lagi.

Hal itu dikatakan Kasie Operasi dan Pengendalian Opsdal, Fakhruddin SE yang didampingi oleh Koordinator Lapangan Penegakan Yustisi, Helmi yang mengatakan langkah aktif yang masih diterapkan sesuai arahan dari pimpinan adalah memberikan sosialisasi dan mendorong kesadaran masyarakat tentang memakai masker dan Prokes.

"Kami masih melakukan pendekatan persuasif, mengarahkan masyarakat untuk memakai masker, dan bagi yang tidak mempunyai masker diarahkan untuk membeli masker di tempat terdekat," ujar Fakhruddin.

Pun demikian, kata Fakhruddin, sejauh ini penegakan yustisi untuk pencegahan penyebaran covid-19 belum mengambil langkah memberikan denda beruang uang kepada pelanggar, namun masih menerapkan pendekatan persuasif dan mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya protokoler kesehatan.

"Petugas dalam penegakan memberikan sanksi sosial berupa membaca ayat-ayat pendek, menyanyikan lagu kebangsaan. Mereka yang terjaring razia juga tidak diberikan denda, sejauh ini masih menggunakan pendekatan persuasif," jelasnya.

Ia pun menegaskan, petugas akan meningkatkan operasi yustisi setelah bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, baik siang maupun malam.[]

Komentar

  Loading...