Nova Iriansyah: Kita Pakai Masker Kain, Masker Medis untuk Tenaga Medis

Nova Iriansyah: Kita Pakai Masker Kain, Masker Medis untuk Tenaga Medis
A A A

Banda Aceh, acehnews.id --- Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengimbau seluruh  masyarakat Aceh untuk sekurang-kurangnya memakai masker kain saat keluar rumah.

Nova menjelaskan hal itu saat meresmikan penggunaan poliklinik Pinere atau Penyakit Infeksi New-emerging dan Re-Emerging, pada Rabu 8 April 2020 siang tadi. Poli khusus bagi pasien yang menderita penyakit menular tersebut berada di komplek lama Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin Banda Aceh.

"Saya dapat rekomendasi masker kain itu boleh dan mencegah Covid-19. Biar masker medis hanya dipakai tenaga medis saja," kata Nova.

Pemerintah Aceh ujar Nova, sudah memesan 1 juta masker yang dibikin oleh UMKM.

Nantinya masker itu akan dibagikan bagi 525 ribu Kepala Keluarga yang telah dideteksi berasal dari keluarga miskin dan baru miskin.

Nova mengatakan, pihaknya juga sedang mengatur skema pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi keluarga miskin dan baru miskin.

"Ini sedang desain BLT, jumlahnya sedang kita akselerasi," kata Nova

.

Ia meminta Sekda Aceh untuk menyisir Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2020 untuk disesuaikan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

Sebelumnya pemerintah Aceh juga sudah meresmikan mess BPSDM sebagai tempat penginapan tenaga medis yang menangani pasien ODP dan PDP Covid-19. []

Komentar

  Loading...