Nagan Raya Targetkan Daerah Pruduksi CPO Terbesar Tingkat Nasional

Nagan Raya Targetkan Daerah Pruduksi CPO Terbesar Tingkat Nasionalacehnews.id|Zulkifli
A A A

Suka Makmue, acehnews.id -- Bupati HM Jamin Idham menargetkan Nagan Raya akan menjadi daerah produksi terbesar minyak kelapa sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di tingkat nasional.

"Di sektor perkebunan hampir 1/3 luas daratan Nagan Raya ditanami kelapa sawit, perkebunan rakyat seluas 51.000 hektar, dan perkebunan perusahaan mencapai 78.000 hektar. Untuk menjadi CPO terbesar di tingkat nasional sangat memungkinkan," kata HM Jamin saat melakukan penanaman program peremajaan sawit rakyat yang dipusatkan di Gampong Alue Bata Kecamatan Tadu Raya, Kamis 17 Desember 2020.

Bupati Jamin menaruh harapan besar melalui kegiatan peremajaan sawit rakyat mampu membangkitkan gairah masyarakat terhadap budidaya tanaman yang dapat diolah menjadi barang jadi, seperti minyak makan, sabun dan produk kosmetik lainnya.

Kepala Dinas Perkebunan Abdul Latif, MP dalam laporannya menyebutkan, tujuan dilakukan program replanting adalah untuk meningkatkan produktivitas serta mensejahterakan masyarakat.

Dia menjelaskan lahan masyarakat yang dilakukan peremajaan sawit tersebut seluas 5.385.2366 Hektar dengan jumlah petani kebun 2.689 orang di 6 kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya.

"Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tersebut termasuk dalam kegiatan strategis negara, karena berhubungan langsung dengan peningkatan dan cadangan energi nasional," kata Abdul Latif.[]

Komentar

  Loading...