Mohd Thanwier, Minta Perindag Kabupaten dan Kota Sinergis Bangun Industri di Aceh

Mohd Thanwier, Minta Perindag Kabupaten dan Kota Sinergis Bangun Industri di Aceh
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangangan Aceh, Ir Mohd Thanwier, MM,
A A A

Banda Aceh, acehnews.id -- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangangan Aceh, Ir Mohd Thanwier, MM, menyatakan dalam membangun industri di Aceh harus menyeluruh dan bersama-sama dengan Kabupaten/Kota.

“Membangun industri terutama industry agro harus sama-sama, karena sumber dayanya ada di Kabupaten dan Kota,” katanya Ketika membuka acara Rapar Koordinasi dan Sinkronisasi di Hermes Hotel, pada Kamis, 25 Februari 2021, kemarin.

Acara yang dihadiri kepala dinas, kepala bidang Industri Agro dan Kasubbang program Dinas Perindustrian dan Perdangangan kab/kota turut membahas bagaimana Langkah-langkah kedepan agar Aceh terbebas dari masalah kemiskinan.

“Saya menghimbau agar kadis Perindag di Kabupaten/Kota memanfaatkan warung kopi dan caffee untuk menjual produk-produk lokal atau home industri dengan display yang menarik, sehingga perekonomian di Aceh dapat meningkat seperti di luar Aceh,” katanya.

Dalam acara itu Kadis Disperindang Aceh juga meminta kepada jajaranya untuk segera membantu industri-industri yang saat ini belum berkembang, dan yang membutuhkan  pendampingan terhadap UMKM yang izin usahanya sudah mati.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Industri Agro dan Manufaktur Disperindang Aceh, Ridhwan, M.Dev, menyebutkan, Aceh kini sudah mulai ketinggalan jauh sekali dalam industry.


“Apalagi dana otsus kita hampir habis, mau kemana kita,” katanya.

Di dalam paparanya sebagai narasumber, Ridhwan, menyebutkan, Pemerintah mempunyai beberapa sumber dana seperti APBN, APBA, DAK, dan DOKA, yang semuanya harus di raih oleh Aceh.

“Apalagi sekarang ada istilah baru untuk sumber dana dengan Program PEN yaitu, Program Pemulihan Ekonomi Nasional,” sebutnya. 

Menurut Ridhwan dalam Program PEN tersebut ada terdapat program strategis setor industry dan perdangangan seperti; pembinaan dan pendampingan IKM terhadap peningkatan produk, mutu, kemasan dan diversifikasi produk serta fasilitas perizinan, kemitraan, sertifikasi HAKI dan halal. Selanjutnya, perluasan akses pasar produk IKM dengan mengikutsertakan dalam even pameran lokal, nasional dan internasional serta fasilitas pasar digital.[]

Falevi Kirani Idul Fitri
Iklan BPD Idul Fitri
ESDM Idul Fitri

Komentar

  Loading...