Masjid Giok Jadi Ikon Baru Wisata Relegius di Nagan Raya

Masjid Giok Jadi Ikon Baru Wisata Relegius di Nagan Raya
A A A

Suka Makmue, acehnews.id - Masjid Agung Baitul A'la Kabupaten Nagan Raya, merupakan Masjid dambaan masyarakat Kabupaten setempat, pasalnya masjid yang luasnya mencapai tiga hektar itu, akan dilapisi  dengan batu giok.

Selain Pembangunan Masjid yang dilapisi batu giok tersebut, Pemkab Nagan Raya melalui Dinas Perkim juga membangun Meseum Al-qur'an kuno Khazanah Nusantara.

Nantiya didalam meseum tersebut akan dipamerkan 62 Al-Qur'an kuno yang usianya ratusan tahun.

Dengan adanya Al-Qur'an kuno yang terbuat dari daun lontar dan pelepah kurma tersebut, Masjid giok dan meseum Al-qur'an kuno akan menambah kunjugan wisatawan local dan manca negara ke daerah yang mendapat julukan sebagai daerah lumbung padi Aceh tersebut.

Saat MTQ Aceh ke XXXII tahun 2015 lalu, Gubernur Aceh dr Zaini Abdullah serta manajer MURI Jakarta Awan Raharjo menyerahkan piagam penghargaan Rekor MURI kepada Pemkab Nagan Raya, karena memiliki Al-Qur'an kuno yang usianya sudah ratusan tahun itu.

Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham, Kamis 24 September 2020 mengatakan, dengan pemasangan giok perdana untuk lantai masjid Agung Baitul A'la tersebut, diharapkan dapat dikerjakan sesuai dengan perencanaan yang telah disepakati. ,

“Nantinya tempat ibadah tersebut akan menjadi ikon Kabupaten Nagan Raya di Indonesia, bahkan tingkat internasional,” kata Jamin.

Selain itu, Masjid Agung Baitul A'la yang luas tanahnya mencapai 3 hektar akan mampu menampung 5000 jamaah, dan diperkirakan akan rampung pada pertengahan tahun 2022.

Menurut HM Jamin Idham, setelah selesai dikerjakan, Masjid giok akan dilakukan peresmian serta shalat perdana, dan direncanakan peresmian tersebut oleh Presiden RI atau Menteri Agama Republik Indonesia.

 

Untuk pembangunan Masjid giok tersebut, HM Jamin Idham akan terus memacu pekerjaan nya, sehingga keinginan masyarakat dapat beribadah di Majis tersebut dapat terealisasi.

Kadis Perkim Kabupaten Nagan Raya Tamarlan, ST menjelaskan, pihaknya sesuai dengan perintah Bupati Nagan Raya akan terus mengejar percepatan pembangunam masjid tersebut.

Tamarlan, mengaku sedang focus memasang giok dilantai, sedangkan dindingnya direncanakan akan dipasang setelah lantai selesai dikerjakan.

Dan untuk mihrab masjid depan imam sudah selesai dikerjakan dengan desain nya lebih indah dan mewah.

 

Tamarlan mengaku, untuk tahun 2021 pihaknya telah menganggarkan pembangunan masjid Baitul A'la sebesar 35 milyar.[]

Komentar

  Loading...