Leonardo DiCaprio dukung langkah menyelamatkan Leuser, Aceh

Leonardo DiCaprio dukung langkah menyelamatkan Leuser, AcehFoto: EPA
Leonardo DiCapiro bersama aktivis lingkungan dari HAKA di Leuser, Aceh tanggal 26 Maret lalu.
A A A

Aktor dan pegiat lingkungan Leonardo DiCaprio menyatakan dukungannya untuk membentuk kawasan perlindungan di kawasan ekosistem Leuser Aceh, yang mengancam satwa yang terancam punah.

Banda Aceh, acehnews.id -- DiCaprio yang memenangkan Piala Oscar untuk filmnya The Revenant berkunjung ke Leuseur akhir pekan lalu dan menyatakan dukungannya untuk "menyelamatkan Ekosistem Leuser" melalui akun Twitternya.

Sementara itu aktivis lingkungan dari Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh (HAKA) menyatakan bintang Holywood yang meraih Piala Oscar untuk filnya The Revenant mendukung organisasi-organisasi di Aceh membentuk kawasan perlindungan fauna di kawasan itu.

"Yayasan Leonardo DiCaprio mendukung organisasi di Aceh untuk membentuk perlindungan fauna besar di kawasan Ekosistem Leuser, "tempat yang tersisa di muka Bumi di mana orang utan, harimau, badak dan gajah Sumatera hidup di alam liar dalam satu habitat," tulis HAKA melalui akun Facebooknya.

HAKA menyebutkan kawasan Ekosistem Leuser Aceh termasuk salah satu habitat terbaik dunia yang masih tersisa untuk gajah Sumatera yang sangat terancam.

Koridor kuno gajah


"Koridor migrasi kuno gajah ini masih dipakai oleh sejumlah gajah liar Sumatera," menurut HAKA.

Sejumlah komentar melalui akun Facebook organisasi lingkungan itu termasuk dari Jo Ja Nadge menyebutkan, "Gajah-gajah itu binatang yang mengagumkan. Bagaimana kami bisa bantu?" dan Nicole Pollak yang menulis, "Kita perlu lagi orang baik lagi di dunia ini, @Leonardodicaprio."

Namun perluasan perkebunan kelapa sawit memutus koridor gajah sehingga sulit bagi binatang yang dilindungi ini mencari makan dan air.

DiCaprio melalui akun Twitter - yang diretweet lebih dari 5.600 kali- juga menyatakan dukungan atas langkah perlindungan melalui petisi kepada presiden Joko Widodo melalui organisasi change.org.

Melalui petisi yang ditandatangani lebih dari 7.000 orang itu, Dahlan yang mengajukan petisi menulis, "Leusur sebagai simbol kesejahteraan rakyat Aceh menghadapi ancaman besar."

"Jalan dibangun melalui hutan, aktiviatas tambang berlangsung di gunung-gunung. Izin perkebunan untuk ribuan hektar lahan dikeluarkan dengan mudah. Hutan yang juga merupakan tempat tinggal warga selama bergenerasi rusak," tulis Dahlan.[]

Sumber:BBC

Komentar

  Loading...