KPU Minta KIP Aceh Hentikan Tahapan Pilkada Aceh 2022

KPU Minta KIP Aceh Hentikan Tahapan Pilkada Aceh 2022
Plt Ketua KPU-RI, Ilham Saputra - MI/M. Irfan
A A A

Banda Aceh, acehnews.id –  Komisi Pemilihan Umum (KPU-RI), meminta KIP Aceh dan KIP Kabupaten Kota, agar tidak menjalankan tahapan Pemilihan apapun sampai ada putusan sesuai dengan Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2O2O.

Hal itu tertuang dalam point ke delapan, surat KPU-RI yang di peroleh www.acehnews.id, yang ditujukan kepada Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dengan Nomor : 151/PP.01.2-SD/01/KPU/II/2021, yang ditandatangani oleh Plt Ketua KPU- RI, Ilham Saputra, tertanggal 11 Februari 2021.

Screen Shoot Surat KPU-RI

Berdasarkan surat tersebut, KPU- RI pada point pertama menerangkan bahwa, Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di provinsi Aceh adalah berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 1/Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh. Selanjutnya, berdasarkan ketentuan pasal 73 Undang-Undang tersebut, bahwa ketentuan lebih lanjut terkait dengan Pemilihan di Provinsi Aceh diatur dengan Qanun dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

Dalam surat KPU tersebut, Ilham Saputra juga menjelaskan, bahwa merujuk sebagaimana tersebut pada angka 1, dalam UndangUndang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, tidak terdapat pengaturan secara jelas terkait dengan waktu Penyelenggaraan Pemilihan serentak di Aceh hasil pemungutan suara tahun 2Ol7 diselenggarakan pada tahun 2022.

Sebelumnya, DPRA, DPRK se-Aceh dan Pemerintah Aceh serta lembaga penyelenggara pemilihan (KIP) se-Aceh sepakat menyelenggarakan pilkada pada tahun 2022.

Kesepakatan tersebut merupakan kesimpulan akhir dari Rakor yang digelar DPRA di ruang lobi utama, Selasa, 9 Februari 2021, lalu.[]

Komentar

  Loading...