Kolaborasi The Leader dan Indika Foundation Hadirkan Program Pelatihan Skill Bagi Pemuda

Kolaborasi The Leader dan Indika Foundation Hadirkan Program Pelatihan Skill Bagi Pemuda
Untuk menyukseskan kegiatan ini, The Leader dan juga telah menggandeng Gerkatin Aceh (Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rugu Indonesia).
A A A

The Leader Café: Virtual Engagement for Mutual Support and Youth Psychological Well-being During #StayAtHome Period

Acehnews.id, Banda Aceh –  Dampak dari penerapan #dirumahaja setelah pada 11 Maret 2020, COVID-19 resmi dinyatakan sebagai pandemi global oleh World Health Organization/WHO, sehingga beralihnya pertemuan tatap muka menjadi via daring menyebabkan ada banyaknya lonjakan aktivitas yang dihabiskan di dunia maya.

Ditambah, perubahan yang terjadi begitu cepat dan situasi yang tidak pasti menimbulkan kegelisahan bagi banyak pihak, termasuk pemuda.

Melihat rentannya kelompok pemuda berusia 15 – 25 tahun mengalami kegelisahan selama pandemi ini, The Leader berkolaborasi dengan Indika Foundation menggagas sebuah program yang diberi nama The Leader Café: Virtual Engagement for Mutual Support and Youth Psychological Well-being During #StayAtHome Period, yang merupakan program untuk peningkatan kesejahteraan dan pelatihan skill bagi pemuda.

Program ini berjangka 10 minggu yang dilaksanakan dengan format diskusi, berbagi pengetahuan, pembangunan karakter dan skills, dan materi tentang perdamaian melalui media online bagi  pemuda Indonesia selama periode #DiRumahAja.

Program ini didukung oleh Indika Foundation yang bertujuan untuk menyiapkan 250 pemuda memiliki peningkatan skill dan kesejahteraan mereka  selama pandemi terjadi. Sehingga pemuda mampu berpikir kritis dan mengambil peran dalam situasi pandemi Covid-19 ini.

“Kita telah membuka pendaftaran selama 2 minggu dan menetapkan 250 pemuda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia sebagai peserta pada program ini. Kegiatan ini juga memberi kesempatan pada teman tuli untuk berpartisipasi, karena kami menyediakan terjemahan dalam bahasa isyarat pada setiap sesinya.” tambah Ilham, Project Officer .

Untuk menyukseskan kegiatan ini, The Leader dan juga telah menggandeng Gerkatin Aceh (Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rugu Indonesia).

Para peserta nantinya akan mengikuti 3 Fase pelatihan 1). Quarantivity, yaitu sesi diskusi melalui aplikasi Zoom dan Whatsapp group yang akan membahas materi-materi terkait Psychological Well-being, Capacity Building dan Peace Lab. 2) Ngobrol Inspiratif (NGOPI) #dariRumah, melalui live di Instagram dan Yotube Chanel, yaitu kegiatan sharing online yang akan menghadirkan pembicara yang menginspirasi.

Kegiatan ini akan dimulai pada 22 Agustus hingga 27 November 2020, nantinya peserta akan berinteraksi  dengan pemateri lokal dan nasional. Setelah program, peserta ditantang untuk bergerak bersama mendorong kerja-kerja sukarela dengan semangat berbagi, dalam sesi 3).

Post Project Activity and Writing Challenge, tiga ide project sosial terbaik akan mendapat pendanaan dari The Leader dan 5 tulisan atau video terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai.[]

Komentar

  Loading...