KMP Aceh Hebat 2 Jalani Uji Coba Berlayar

KMP Aceh Hebat 2 Jalani Uji Coba Berlayar
A A A

Banda Aceh, acehnews.id -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT RI) melalui Balai Teknologi Hidrodinamika melakukan uji coba berlayar (sea trials) KMP Aceh Hebat 2 bersama mitra Industri PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia awal Desember 2020.

Nantinya, KMP. Aceh Hebat 2 ini akan menjadi angkutan penyeberangan yang diperuntukkan bagi pengembangan wisata Sabang.

Sea trials merupakan proses untuk memastikan kesesuaian kapal yang dibangun dengan desain yang dibuat.

Pada saat sea trials juga dilakukan pengujian sistem permesinan pada kapal, mulai dari sistem mekanik, sistem elektrik, dan sistem lain yang terkait keselamatan pelayaran.

Sea trials ini dilakukan di sekitar Selat Madura sampai ke arah Karang Jamuang di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

Dikutip dari www.dishub.acehprov.go.id, model kapal KMP. Aceh Hebat 2 dilakukan pengujian Hidrodinamika di Laboratorium Towing Tank dan Manuever and Ocean Basin BPPT di Surabaya untuk melakukan validasi manuver kapal terhadap gelombang dengan ketinggian tertentu.

Kapal KMP Aceh Hebat 2 adalah salah satu solusi dalam peningkatkan konektifitas antar kepulauan di Provinsi Aceh untuk mendorong kelancaran pariwisata dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Kapal ini memiliki daya muat sebanyak 377 penumpang dan 24 unit kendaraan (kombinasi). Kapasitas mesin induk yang digunakan berdaya 2 x 1400 HP dengan kecepatan mesin mencapai 13 knot.

Kapal ini sepanjang 63,75 meter dengan lebar 13,6 meter dan tinggi mencapai 3,9 meter. Kapal ini mulai dibuat pada Tahun 2019.

KMP. Aceh Hebat 2 ini berkapasitas 1100 GT, yang berarti lebih besar dari KMP. BRR yang tengah beroperasi saat ini. Kapal ini hadir sebagai penyemangat sektor pariwisata Sabang yang terkenal akan keindahan alam bawah laut yang telah lama vakum. Hal ini menjadi harapan besar agar roda perekonomian masyarakat kembali berjalan normal.[fauzan]

Komentar

  Loading...