KMP Aceh Hebat 1 Bersandar di Ulee Lheue

KMP Aceh Hebat 1 Bersandar di Ulee LheueFoto: dishubaceh
KMP Aceh Hebat 1 berlabuh di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, pada Kamis 14 Januari 2020 Pukul 19:20 Wib.
A A A

Banda Aceh, acehnews.id --  KMP Aceh Hebat 1 berlabuh di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, pada Kamis 14 Januari 2020 Pukul 19:20 Wib.

Kapal tersebut diberangkatkan dari Galangan Kapal Multi Ocean Shipyard (PT.MOS) Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Pada Selasa 12 Januari 2021 lalu.

Infornasi tibannya kapal berbobot 1.300 GT itu langsung dipoting Gubernur Aceh, Nova Iriansya, di akun twitternya @niriansyah tadi malam.

“Baru dapat informasi pkl. 19.20 wib, KMP Acehhebat-1 (Roro : 1300 GT) sdh sandar di Pelabuhan Ulee Lheu. Alhamdulillah,” tulis Gubernur Aceh

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Aceh Hebat 1 saat ini ini merupakan kapal terakhir sekaligus kapal terbesar dari tiga kapal yang dibeli Pemerintah Aceh.

Untuk diketahui KMP Aceh Hebat 1 merupakan kapal terbesar dari tiga kapal yang dibeli Pemerintah Aceh. Kapal ini akan melayani rute Calang-Sinabang/ Meulaboh-Sinabang/ Labuhan Haji-Sinabang.

Kapal Aceh Hebat 1 berbeda dengan dua kapal lainnya, karena kapal ini menempuh pelayaran jarak jauh, maka bagian dalam kapal diisi dengan tempat tidur.

Kapal ini di desain untuk menyesuaikan dengan jarak tempuhnya nanti yang bisa mencapai 12 jam. Selain itu kapal ini juga didesain untuk mengarungi samudera.

KMP Aceh Hebat 1 berkapasitas 250 penumpang dan 33 unit mobil. Kapal memiliki panjang 70 meter dan lebar 15 meter. Kapal yang dibeli dengan anggaran APBA itu nanti akan dioperasikan oleh pihak PT ASDP.

Sebelumnya, setelah menempuh perjalanan laut selama tujuh hari dari galangan kapal PT. Adiluhung Saranasegara Indonesia, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, KMP Aceh Hebat 2 yang pertama tiba di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh, Sabtu 19 Desember 2020, pagi.

Sementara itu, Kapal Motor Penyebrangan (KMP) Aceh Hebat 3 menyusul tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh pada Senin, 28 Desember 2020. KMP Aceh Hebat 3 merupakan kapal yang diperuntukan penyebrangan Aceh Singkil - Pulau Banyak.

Menurut rencana pagi ini kapal yang berawakkan 18 orang tersebut akan diserah terimakan pihak PT MOS kepada Pemerintah Aceh.[] 

acehnews

Komentar

  Loading...