KIP Kota Banda Aceh Edukasi Siswa MTsN Model dalam Pemilihan Pengurus OSIM

KIP Kota Banda Aceh Edukasi Siswa MTsN Model dalam Pemilihan Pengurus OSIM
KIP, Kota Banda Aceh sosialisasi tatacara berdemokrasi kepada siswa MTsN 1 Model Banda Aceh.
A A A

Banda Aceh, acehnews.id -- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh melakukan sosialisasi tatacara berdemokrasi kepada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Model Banda Aceh, kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam rangka Pemilihan Pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) Periode 2021-2022.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan siswa perwakilan dari setiap kelas ini dibuka langsung oleh Kepala MTsN 1 Model Banda Aceh, Junaidi Ibas, S.Ag, M.Si, Senin 1 Februari 2021.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali yang hadir sebagai narasumber menyampaikan pendidikan pemilih bagi calon pemilih pemula sangat penting dilakukan, supaya mereka memahami dasar-dasar dalam proses pemilihan.

Dalam kesempatan itu Yusri menjelaskan tentang tahapan-tahapan dalam sebuah proses pemilu, mulai dari tahapan perencanaan, penyelenggaraan, kampanye, logistic hingga hari pemungutan suara, yang nantinya bisa diterapkan dalam pemilihan pengurus OSIM yang demokratis di madrasah tersebut.

Yusri juga mengungkapkan bahwa ini merupaka sekolah pertama di Kota Banda Aceh yang melibatkan KIP dalam proses demokrasi pemilihan pengurus OSIM.

“Kita siap bekerjasama dengan semua sekolah di Kota Banda Aceh dalam hal mengedukasi siswa, pemilih pemula tentang proses dalam sebuah pemilu ataupun pilkada,” ujar Yusri.

Yusri menambahkan, KIP Kota Banda Aceh mempunyai Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang siap menerima kunjungan dari siswa di Kota Banda Aceh untuk melihat langsung bahkah bisa mempraktekkan secara langsung tatacara pemilihan. []

Komentar

  Loading...