KIP Aceh Terbitkan Jadwal Pilkada 2022, Komisi I DPRA Segera Koordinasi Ke KPU dan Kemendagri

KIP Aceh Terbitkan Jadwal Pilkada 2022, Komisi I DPRA Segera Koordinasi Ke KPU dan Kemendagri
A A A

Banda Aceh, acehnews.id  -- Penetapan tahapan pilkada yang dilakukan KIP Aceh sudah semestinya dilakukan agar tidak tertinggal dengan penyesuaian agenda pemilihan kepala daerah yang telah ditetapkan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi DPRA Ridwan Yunus saat diminta tanggapannya terkait Keputusan KIP Aceh tentang penetapan tahapan pilkada tahun 2022.

"Regulasi pusat mengarah adanya Pilkada pada 2022 dan 2023. Agar tidak tertinggal, tahapan harus terus dilaksanakan. Dari UU khusus sudah mengatur demikian. Ada tidak ada pilkada secara nasional di tempat lain, di Aceh itu harus dilaksanakan perintah dari UU itu sendiri," ujar Ridwan Yunus melalui sambungan langsung, Rabu, 20 Januari 2021 di Banda Aceh.

Saat disinggung mengenai kesiapan dari aspek anggaran, ia menegaskan pihaknya telah mendapat kepastian dari pihak eksekutif mengenai hal tersebut.

"Dalam anggaran tahun 2021 itu ada ditempatkan, tapi bukan pada nomenklatur pilkada, namun di biaya BTT. Pihak pemerintah melalui Asisten I dan dari DPKA sudah menjamin ketersediaan  anggaran untuk itu, akan dibetulkan pada saat perubahan. Itu yang disampaikan saat itu,"

Lebih lanjut dia menerangkan, terkait penetapan tahapan pilkada ini, pihak Komisi I DPRA akan berkoordinasi dengan KPU RI, Komisi II DPR RI, dan Kemendagri.

"Itu yang disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri melalui surat yang diterima Pemerintah Aceh," terang dia.[]

Komentar

  Loading...