Kesbangpol Aceh: Kapasitas Politik Masyarakat Harus Lebih Meningkat

Kesbangpol Aceh: Kapasitas Politik Masyarakat Harus Lebih Meningkat
A A A

Banda Aceh, acehnews.id -- Pendidikan politik yang tidak berjalan dengan baik akan berdampak pada pelaksanaan demokrasi yang tidak efektif, bahkan berpotensi menimbulkan konflik sektoral.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Poldagri Kesbangpol Aceh Drs Arsyi saat menyampaikan amanat Kaban Kesbangpol Aceh Drs. Mahdi Effendi pada acara pembukaan kegiatan Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Kaum Marginal di Kabupaten Aceh Utara, Kamis, 18 Februari 2021.

"Hal ini merupakan salah satu alasan bagi Kesbangpol Aceh untuk menggelar acara ini. Pengetahuan masyarakat tentang pendidikan politik harus meningkat, sehingga tidak menjadi 'komoditi politik' bagi golongan tertentu," ujar Arsyi.

Lebih lanjut ia menjelaskan kurangnya sosialisasi maupun pendidikan politik akan berakibat timbulnya ketidakdewasaan masyarakat dalam mengikuti dan menyikapi proses demokrasi yang sedang berlangsung.

"Jika hal ini dibiarkan maka akan berdampak timbulnya konflik masif yang mengakibatkan stabilitas keamanan terganggu dan kemungkinan berpotensi menuju disintegrasi bangsa," jelasnya.

Menurut Arsyi, pengetahuan politik yang mumpuni akan membuat seseorang dapat lebih aktif dalam bidang politik. Begitupun sebaliknya, tambah Arsyi, generasi yang yang melek politik adalah generasi yang mengedepankan realitis dalam penyampaian aspirasinya.

"Dalam sistem politik tidak hanya berdimensi pengetahuan, tetapi lebih merupakan paduan antara pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang dikembangkan bersama-sama," tutur dia.

"Ketiga hal tersebutlah yang dianggap sebagai nyawa dari melek politik warga negara," tambahnya lagi.

Melalui kegiatan tersebut, Kesbangpol Aceh berharap adanya peningkatan kapasitas dan kemampuan masyarakat dalam partisipasi politik.

"Selain itu, kita juga berharap terbangunnya kesadaran berpolitik bagi masyarakat dalam rangka menumbuhkan kebebasan, kesetaraan, dalam menjalankan aktifitas politik," kata Arsyi.

Dalam kegiatan tersebut, Kesbangpol Aceh menghadirkan beberapa narasumber yang sudah tidak asing lagi, seperti akademisi Fakultas Hukum Unimal, Muhammad Harun, SH, MH, Muhammad Zulfadhil, S.Sos, serta Kabid Poldagri Kesbangpol Aceh Drs. Arsyi.

Komentar

  Loading...