Karhutla di Darul Makmur Hanguskan Dua Hektar Lahan Warga

Karhutla di Darul Makmur Hanguskan Dua Hektar Lahan Warga
A A A

Suka Makmue, acehnews.id -- Kebakaran Hutan dan Lahan (Kahutla) kembali menghanguskan dua Hektar lahan warga di Gampong Lamie, Kecamatan Darul Makmur, Kamis 18 Februari 2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Nagan Raya Irfanda Rinadi mengatakan, kebakaran hutan dan lahan tersebut terjadi sekira pukul 16.00 WIB pada Rabu, 17 Februari 2021 di Gampong Lamie Kecamatan Darul Makmur.

Dikatakan, karena kondisi lahan gambut serta cuaca yang panas, menyebab api sampai saat ini belum selesai dipadamkan, selain lokasi Kahutla yang sulit dilalui armada pemadam kebakaran, juga sulitnya sumber air.

Untuk saat ini, kata Irfanda agar mencegah meluasnya Kahutla tersebut, BPBD setempat yang dibantu TNI dan POLRI mengupayakan melakukan pemadaman dengan cara manual menggunakan ranting kayu akibat sulitnya sumber air di lokasi Karhutla tersebut.

"Petugas akan terus berupaya memadamkan api di lokasi kejadian, agar api tersebut tidak merembes ke lahan warga yang lain," ujarnya

Untuk itu, BPBD berharap kepada masyarakat Kabupaten setempat, untuk melarang warganya membakar sampah sembarangan serta membakar lahan di musim kemarau, guna untuk mencegah Karhutla di daerah itu.[]

Komentar

  Loading...