Ini Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions (3-Habis)

Ini Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions (3-Habis)
Final Liga Champions 2021, Manchester City vs Chelsea. (Foto: UEFA)
A A A

Porto, acehnews.id -- Final Liga Champions akan mempertemukan Manchester City melawan Chelsea di Stadion Dragao, Porto, 29 Mei 2021 mendatang. Beberapa fakta menarik tersaji menjelang duel pemungkas yang mempertemukan dua tim asal Inggris tersebut seperti ini merupakan pertama kalinya Manchester City tampil di final, sementara bagi Chelsea ini menjadi yang ketiga.

Berikut beberapa fakta menarik menjelang final Liga Champions:

- Thomas Tuchel tidak pernah mengalahkan Pep Guardiola sebagai pelatih sebelum mengambil alih Chelsea. Rekornya melawan pelatih asal Spanyol itu bersama Mainz dan Borussia Dortmund adalah seri dua kali dan kalah tiga kali dengan dua gol dan 11 kebobolan. Pertemuan terakhir sebelum dua kemenangan Tuchel melawan City musim ini terjadi di final Piala Jerman 2015/16, Bayern menang melalui adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol dalam pertandingan terakhir Guardiola sebagai pelatih sebelum mengambil alih di Man City.

- Pemain Man City, Kevin De Bruyne dikontrak Chelsea dari Genk pada Januari 2012, menyelesaikan sisa musim itu dengan klub Belgia sebelum pindah ke London. Namun, ia hanya membuat sembilan penampilan untuk Chelsea di semua kompetisi - tiga di antaranya datang di penyisihan grup Liga Champions UEFA pada musim gugur 2013 . Dia menghabiskan musim 2012/13 dengan status pinjaman bersama Werder Bremen sebelum kembali ke Jerman untuk bergabung dengan Wolfsburg secara permanen pada Januari 2014. De Bruyne bergabung dengan City pada 30 Agustus 2015.

- Penjaga gawang cadangan Chelsea Willy Caballero membuat 48 penampilan untuk Man City selama tiga musim antara 2014 dan 2017. Dia menyelamatkan tiga penalti dalam kemenangan adu penalti melawan Liverpool di final Piala Liga Inggris 2015/16, satu-satunya trofi yang didapatnya selama di Manchester City.

- Bek Manchester City, Nathan Ake, bergabung dengan Chelsea pada 2010 tetapi hanya membuat 17 penampilan untuk klub di semua kompetisi sebelum bergabung dengan Bournemouth secara permanen pada 2017. Dia adalah pemain pengganti yang tidak digunakan dalam kemenangan Chelsea di final Liga Europa 2012/13 dan final Piala Liga 2014/15. Dia juga berada di bangku cadangan saat kekalahan final Piala FA dari Arsenal pada 2017.

- Beberapa pemain Manchester City dan Chelsea ini adalah rekan di timnas negara masing-masing yaitu:

Timnas Inggris: John Stones, Kyle Walker, Phil Foden, Raheem Sterling (Man City) dan Ben Chilwell, Reece James, Mason Mount, Callum Hudson-Odoi, Tammy Abraham (Chelsea).

Timnas Spanyol: Eric García, Aymeric Laporte, Rodri, Ferran Torres (Man City) dan Kepa, Marcos Alonso, César Azpilicueta (Chelsea)

Timnas Prancis: Benjamin Mendy (Man City) dengan Kurt Zouma, N'Golo Kanté, Olivier Giroud (Chelsea)

Timnas Jerman: ─░lkay Gundo─čan (Man City) dengan Antonio Rudiger, Timo Werner, Kai Havertz (Chelsea)


Timnas Brasil: Ederson, Fernandinho, Gabriel Jesus (Man city) dan Thiago Silva (Chelsea)

Timnas Amerika Serikat: Zack Steffen (Man City) dan Christian Pulisic (Chelsea)

- Sergio Aguero dan Willy Caballero juga pernah bersama-sama membela Timnas Argentina pada 2018.

 
- Pemain-pemain ini bermain di klub yang sama:

César Azpilicueta dan Kevin De Bruyne (Chelsea 2013)

Riyad Mahrez dan N'Golo Kanté (Leicester 2015/16)

Riyad Mahrez dan Ben Chilwell (Leicester 2016–18)

Aymeric Laporte dan Kepa (Athletic Club 2016–18)

Ilkay Gundogan dan Christian Pulisic (Borussia Dortmund 2015/16)

- Riyad Mahrez (Man City) dan N'Golo Kante (Chelsea) adalah rekan satu tim di tim Leicester yang merebut gelar Premier League pada 2015/16, satu-satunya musim Kanté bersama klub tersebut. Dia bermain dalam 37 dari 38 pertandingan liga, sementara Mahrez mencetak 17 gol dalam 37 penampilannya di Liga Inggris musim itu.

- Thomas Tuchel adalah pelatih kepala Gundogan saat bermain di Borussia Dortmund pada 2015/16.

- Phil Foden (Man City) dan Callum Hudson-Odoi (Chelsea) adalah rekan satu tim di tim Inggris yang memenangkan Piala Dunia U-17 FIFA 2017 di India.

- Zack Steffen atau Christian Pulisic bisa menjadi orang Amerika pertama yang tampil di final Liga Champions.

Sumber:umber: UEFA

Komentar

  Loading...