Ini Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions (2)

Ini Fakta Menarik Jelang Final Liga Champions (2)
Trofi Liga Champions. (Foto: AFP)
A A A

Porto, acehnews.id -- Final Liga Champions akan mempertemukan Manchester City melawan Chelsea di Stadion Dragao, Porto, 29 Mei 2021 mendatang. Beberapa fakta menarik tersaji menjelang duel pemungkas yang mempertemukan dua tim asal Inggris tersebut seperti ini merupakan pertama kalinya Manchester City tampil di final, sementara bagi Chelsea ini merupakan yang ketiga.

Berikut beberapa fakta menarik menjelang final Liga Champions:

- Ini adalah final Liga Champions UEFA ketiga bagi Chelsea, dengan kedua penampilan sebelumnya ditentukan melalui adu penalti (M1 K1):

2008 Manchester United L 1-1 (aet, 5-6 pens), Moskow

2012 Bayern Muenchen W 1-1 (aet, 4-3 pens), Muenchen

- Thomas Tuchel memimpin Paris Saint-Germain ke final musim lalu, di mana mereka dikalahkan 1-0 oleh Bayern di Lisabon; dia adalah orang pertama yang membawa dua klub berbeda ke final kejuaraan level Eropa dalam beberapa musim berturut-turut.

Thiago Silva adalah kapten tim Paris Saint Germain yang kalah di final musim lalu. Dia adalah satu-satunya pemain Chelsea yang pernah tampil dalam final Liga Champions UEFA.


- Gelandang Chelsea, Mateo Kovacic adalah pemain pengganti yang tidak digunakan dalam kemenangan terakhir Real Madrid pada tahun 2017 dan 2018; dia juga membuat delapan penampilan dalam musim 2015/16 yang penuh kemenangan, tetapi absen dalam squad pertandingan final.

- Manchester City dan Chelsea telah bertemu dalam satu pertandingan kompetisi klub UEFA sebelumnya, di semifinal Piala Winners Piala Eropa 1970/71. Chelsea menang 1-0 di kedua leg melawan pemegang City, Derek Smethurst mencetak satu-satunya gol dari leg pertama di Stamford Bridge pada menit ke-46, sebelum menit ke-43 gol bunuh diri Ron Healey membuat tim tamu menang di bekas kandang City, Maine Road. Chelsea kemudian menggantikan sesama tim Inggris mereka sebagai pemenang kompetisi, mengalahkan Real Madrid setelah pertandingan ulangan terakhir.

Ini adalah pertandingan keempat klub musim ini, dengan Chelsea memenangkan dua dari tiga pertandingan sebelumnya, termasuk kemenangan 2-1 di kandang pada 8 Mei di akhir minggu saat kedua tim mencapai final Liga Champions. Marcos Alonso mencetak gol penentu waktu tambahan, Hakim Ziyech (63) membatalkan gol pembuka Raheem Sterling pada menit ke-44; Sergio Aguero juga mendapat penalti yang diselamatkan oleh Edouard Mendy.


- Chelsea asuhan Tuchel juga mengalahkan City di semifinal Piala FA di Wembley pada 17 April, Ziyech mencetak satu-satunya gol, 10 menit memasuki babak kedua.

- Tim asuhan Guardiola menang 3-1 di Stamford Bridge di Liga Inggris pada 3 Januari berkat gol-gol di babak pertama dari Ilkay Gundogan (18), Phil Foden (21) dan Kevin De Bruyne (34. Satu-satunya gol hiburan Chelsea, yang saat itu dilatih Frank Lampard, terjadi pada menit ke-90 melalui Callum Hudson-Odoi. (Bersambung)

 Sumber: UEFA

Komentar

  Loading...