Ini Besaran Gaji Aparatur Gampong di Bireuen Tahun 2021

Ini Besaran Gaji Aparatur Gampong di Bireuen Tahun 2021
A A A

Bireuen, acehnews.id -- Penghasilan Tetap (Siltap) aparatur pemerintahan Gampong (Desa-red) untuk tahun 2021 di Kabupaten Bireuen dipastikan menurun dibandingkan dengan tahun 2020 yang lalu.

Hal ini terungkap sebagaimana yang disampaikan Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH M.Si, melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Bireuen, Mulyadi SH, Kamis 28 Januari 2021 dalam temu ramah dan pertemuan Bupati Bireuen dengan insan pers di Pendopo Bireuen.

Siltap ataupun gaji aparatur gampong tersebut sebagaimana yang telah dituangkan dalam APBK Bireuen tahun 2021 dari Dana Alokasi Umum (DAU). "Sejak kita terima PMK 22 kami langsung bergerak cepat, telah menyusun bersama draft rancangan Perbup (siltap), alhamdulillah pada hari ini telah ditanda tangani oleh bapak Bupati," kata Mulyadi

Disebutkan dia, bahwa pada tahun 2021 Keuchik mendapatkan gaji sebesar Rp 2 Juta dengan tunjangan Rp 500 ribu setiap bulan. Sedangkan untuk Keurani Gampong atau Sekdes mendapatkan gaji Rp 1,5 juta dengan tunjangan Rp 500 ribu perbulan.

"Rincian Siltap yaitu Keuchik Rp 2 juta, tunjangan 500 ribu, Keurani Gampong, 1,5 juta," ungkapnya.

Selanjutnya untuk gaji Keurani Cut, Kasi dan Kepala Duson mendapatkan gaji Rp 1 juta perbulan. Sementara gaji di Lembaga Tuha Peut masih tetap sama dengan tahun sebelumnya.

Padahal jika merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. gaji Keuchik adalah Rp 2,4 juta perbulan.

Aturan itu pula yang menjadi landasan bagi APDESI Bireuen yang di nahkodai Bahrul Fazal M Puteh, memperjuangkan gaji aparatur gampong sebagaimana yang diatur dalam aturan tersebut.

Komentar

  Loading...