Fakta Jack Ma, Pria Berharta Rp 854 T Hilang Ditelan Bumi

Fakta Jack Ma, Pria Berharta Rp 854 T Hilang Ditelan Bumi
Foto: REUTERS/Denis Balibouse
A A A

Jakarta, acehnews.id -- Dunia tiba-tiba heboh mencari Jack Ma yang tidak terdengar kabarnya di publik. Dua bulan sudah pendiri Alibaba itu hilang Ditelan Bumi alias tak pernah terdengar kabarnya di publik.

Semua ini nampaknya bermula saat Ma mengkritik pemerintah China dan presiden Xi Jinping. Kejadian ini berlangsung pada Oktober 2020 lalu. Berikut fakta Jack Ma yang menghilang selama dua bulan, dirangkum CNBC Indonesia, Senin (4/1/2021).

Kritik Pemerintah dan Gagal IPO
Oktober lalu jadi rangkaian kejadian luar biasa bagi Ma. Dia mengkritik kebijakan pemerintah setempat dengan menilai mereka terlalu berhati-hati dan memprioritaskan manajemen resiko yang akhirnya membuat inovasi jadi berkurang.

Selain itu Ma juga menyebut aturan perbankan yang ditetapkan oleh China merupakan 'klub orang tua'.

Akibat kritikan itu, induk usaha Alipay, Ant Group gagal melantai di bursa. Beberapa hari sebelum IPO awal November, Bursa Saham Shanghai melakukan penundaan karena pelaporan transparansi lalu diikuti Bursa Hongkong mengumumkan penghentian sementara IPO Ant Group.

Alibaba Diselidiki, Ant Group Dibimbing Pemerintah
Setelah itu, pemerintah setempat melakukan penyelidikan atas praktik monopoli yang diduga dilakukan Alibaba. Pihak perusahaanpun menyatakan siap bekerja sama dengan regulator dan memastikan operasional perusahaan tetap berjalan normal.

Tak hanya Alibaba, nama Ant Group pun turut terseret. Perusahaan itu diundang untk melakukan bimbingan dengan otoritas China. Kabarnya pertemuan soal penerapan pengawasan keuangan, kompetisi yang adil, dan melindungi hak serta kepentingan para konsumen.

Tak lama setelah kedua peristiwa tersebut, Jack Ma juga harus menerima pil pahit jika kekayaannya menurun. Dalam dua bulan kekayaannya merosot hampir US$11 miliar.

Dengan kekayaan sebelumnya sebanyak US$61,7 miliar dia didapuk jadi orang terkaya se-Asia. Sayangnya penurunan ini membuatnya harus jadi orang kaya nomor 25 versi Bloomberg Billionaires Index.

Dikabarkan Dilarang Pergi Dari China
Pemerintah China juga meminta Ma tak boleh meninggalkan negara itu. Belum jelas apakah permintaan itu bagian dari saran atau larangan. Hingga sekarang miliuner itu belum mengeluarkan pernyataan apapun soal permintaan otoritas China itu.

Tak Muncul lagi di Publik
Sejumlah kejanggalan selama dua bulan terakhir memang menjadi kesimpulan jika miliuner itu hilang. Pertama adalah ketidakadilan dirinya dalam final reality show tv di Afrika Selatan bernama 'Den-style Africa's Business Heroes'.

Final itu diselenggarakan bulan November dan Ma sebelumnya pernah menuliskan pada Twitter jika dirinya tak sabar bertemu dengan para kontestan. Namun sayangnya dia tak hadir, menurut Juru Bicara Alibaba, Ma absen karena jadwal bentrok.

Sejak November, akun Twitternya juga sepi. Padahal Ma terkenal cukup aktif di platform tersebut.

Sumber:CNBCIndonesia

Komentar

  Loading...