Elektabilitasnya Melejit, Tak Membuat Nasir Djamil Jumawa

Elektabilitasnya Melejit, Tak Membuat Nasir Djamil JumawaFoto: Ricardo
Politisi PKS, Nasir Djamil.
A A A

Pun demikian, ia menegaskan hasil survei itu telah menguatkan tekadnya untuk meramaikan bursa Cagub Aceh pada pilkada mendatang.

Banda Aceh, acehnews.id  -- Nama politisi PKS Nasir Djamil tiba-tiba menyedot perhatian publik. Melalui survei yang dilakukan Yayasan Konsultasi Riset dan Bisnis Indonesia (Yarkorbis) Sandra Parulian pada pertengahan November 2020 hingga akhir Januari 2021.

 Elektabilitas anggota komisi III DPR RI itu melejit mengungguli dua tokoh politik yang saat ini digadang-gadang memiliki kans terbesar untuk memimpin Aceh 5 tahun berikutnya, Nova Iriansyah dan Muzakkir Manaf alias Mualem. Lalu, bagaimana tanggapan pria yang akrab disapa bang Nasir itu?

Saat dihubungi, Selasa, 9 Februari 2021 via percakapan Whatssap, Nasir menanggapi hasil survei itu secara santai dan tidak berlebihan.

Baginya, hasil survei tersebut merupakan bagian dari 'bunga-bunga demokrasi' yang tidak pasti alias fluktuatif.

"Ini masih survei. Kita ucapkan terima kasih dengan survei yang telah dilakukan, meskipun jumlah respondennya masih sedikit. Survei itu bagian dari bunga-bunga demokrasi. Ia bisa berubah naik dan juga bisa berubah turun," ujar Nasir.

Pun demikian, ia menegaskan hasil survei itu telah menguatkan tekadnya untuk meramaikan bursa Cagub Aceh pada pilkada mendatang.

"Bagi saya survei itu memandu saya untuk mengokohkan niat guna menuju Pilgub Aceh ke depan. Yang penting jaga konsistensi dan selalu berjuang untuk kepentingan rakyat Aceh dan selalu membangun harmonisasi dengan pemerintah pusat," ujar Nasir.

Selama ini, tambah Nasir, dirinya menerima banyak masukan dari berbagai komponen dan lapisan masyarakat Aceh yang menghendaki adanya perubahan.

"Harapan mereka yang saya dengar menginginkan perubahan dan mampu membuat terobosan dan lompatan," ucap Nasir.

Yayasan Konsultasi Riset dan Bisnis Indonesia (Yarkorbis) Sandra Parulian memaparkan hasil survei elektabilitas bakal calon kepala daerah Aceh pada Pilkada 2022, di Banda Aceh, Senin 8 Februari 2021 lalu.

Hasilnya, Nasir Djamil memperoleh persentase tertinggi yakni 24,36 persen, kemudian disusul senator asal Aceh H Sudirman atau Haji Uma 21,19 persen. Kemudian, Tarmizi Karim 15,25 persen, Muzakir Manaf alias Mualem 11,49 persen, Aminullah Usman 8,51 persen. Lalu, diurutan ke enam Gubernur Aceh definitif Nova Iriansyah dengan 7,13 persen.[]

Komentar

  Loading...