Dua Buku Letjen Doni Monardo Diluncurkan di HUT ke-75

Dua Buku Letjen Doni Monardo Diluncurkan di HUT ke-75
A A A

Acehnews.id, Jakarta - bersamaan dengan HUT ke-75 RI, dua buku yang mengupas tentang Letjen Doni Monardo diluncurkan. Buku pertama berjudul Secangkir Kopi Pahit di Bawah Pohon [Kiprah Doni Monardo Menjaga Alam] dan Sepiring Sukun di Pinggir Kali [Kiprah Doni Monardo Menjaga Alam].

Kedua buku ini ditulis oleh seniman dan jurnalis senior Egy Massadiah dengan penyelaran Roso Daras.

“Kecintaan Doni terhadap alam dapat kita lihat dari upayanya menggalakkan penanaman pohon. Kepedulian Doni terhadap lingkungan tentu cocok dengan jabatan yang diembannya saat ini sebagai Kepala BNPB.

Karena dengan posisi tersebut Doni banyak bersentuhan dengan alam. Sementara kita ketahui, sebagian bencana alam di Indonesia diakibatkan oleh kerusakan lingkungan,” tulis JK pada sambutan di Secangkir Kopi Pahit di Bawah Pohon, 3 Juli 2020. Buku ini terdiri dari 31 artikel yang terbentang di 382 + xxvii halaman.

Buku kedua, Sepiring Sukun di Pinggir Kali terdiri dari 31 artikel yang disajikan dalam 352 + xxiii halaman disajikan prolog oleh budayawan Putu Wijaya menulis dalam filsafat hidup orang Bali ada yang disebut tri hita karana.

Orang Bali menyakini mereka punya kaitan dengan Sang Pencipta, dengan sesama manusia dan dengan alam. Perekat hubungan manusia dengan alam bukan ketakutan atau permujaan tapi cinta.

“Budaya Timur pada dasarnya menyimpan harta karun tak ternilai dalam kearifan lokalnya. Dalam usaha menjinakkan bencana baik sesudah, sedang, akan atau dikhawatirkan mungkin bisa terjadi, dalam kearifan lokal ada jurus-jurusnya yang harus dikuasai dan sangat mendesak disosialisasikan. Korban tetapi juga penjinak bencana terdepan adalah masyarakat sendiri,” tulis Putu pada 28 Desember 2019,.[]

Komentar

  Loading...