Diduga Korupsi Dana Pilkada 2017, Jaksa Tahan 2 Pejabat KIP Aceh Tenggara

Diduga Korupsi Dana Pilkada 2017, Jaksa Tahan 2 Pejabat KIP Aceh Tenggara
A A A

Banda Aceh, acehnews.id -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Tenggara menahan dua orang pejabat di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara yang diduga melakukan korupsi.

Kedua pejabat tersebut diduga melakukan korupsi dana untuk penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tenggara, tahun 2017 lalu.

Penahanan dilakukan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejari Aceh Tenggara menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti (tahap II) dari penyidik Polres Aceh Tenggara, di Kutacane 18 Maret 2021.

Hal tersebut dikatakan Kasi Penkum Kejati Aceh, H Munawal Hadi SH MH kepada wartawan di Banda Aceh, 18 Maret 2021.

"JPU menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti (tahap II) dari penyidik Polres Aceh Tenggara dalam perkara dugaan korupsi pengunaan dana pada kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) untuk penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tenggara Tahun 2017 dan ditemukan kerugian negara sebesar Rp. 909.002.679.," sebut H Munawal Hadi SH MH.

Dikatakan Munawal Hadi, adapun tersangka yang diterima dalam pelimpahan tahap II terebut yaitu M. Ir (kepala Sekretariat/Kuasa Pengguna Anggaran) dan Dik(bendahara pengeluaran) KIP Aceh Tenggara.

Selain menerima dua tersangka JPU juga menerima penyerahan barang bukti berupa uang sebesar Rp.909.002.679,-(sembilan ratus sembilan juta dua ribu enam ratus tujuh puluh sembilan rupiah).

Terhadap kedua tersangka, kata Munawal Hadi, mereka langsung ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kutacane.[]

Komentar

  Loading...