Di Pidie Harga Gula Pasir Masih Tinggi, Dijual Rp 19.000 per Kg

Di Pidie Harga Gula Pasir Masih Tinggi, Dijual Rp 19.000 per Kg
Foto: Detik.com
A A A

Pidie, acehnews.id - Harga gula pasir di Kabupaten Pidie masih tergolong cukup tinggi berada  di kisaran Rp 18.000 hingga Rp 19.000 per kilogram (kg). Angka ini melebihi harga acuan penjualan di tingkat konsumen yang yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 12.500 per kg.

Pantauan acehnews.id, Senin 28 April 2020, di pasar Beureunuen, harga jual gula pasir di toko grosir perkarung ukuran 50 kg Rp 860 ribu. Sehingga harga di tingkat pengecer saat ini Rp 19.000 per kg.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindagkop Kabupaten Pidie Irwansyah yang dihubungi mengatakan, harga gula saat ini berangsur turun dibandingkan akhir maret lalu yang mencapai Rp 22.000.

"Harganya sudah turun Rp 840 ribu per karung, untuk 1 kg di toko grosir Rp 16.800," ujarnya melalui sambungan telepon genggam.

Menurut dia, harga eceran tertinggi (HET) berlaku untuk gula impor, sedangkan yang beredar saat ini adalah gula produksi dalam negeri sehingga sulit ditekan harganya meski saat ini pasokannya terbilang melimpah.

"Kebutuhan gula saat ini mencukupi malah permintaan yang sudah berkurang. Harga diperkirakan baru narmal ketika gula impor sudah masuk," kata Irwansyah

Sebagaimana diketahui, pada 24 Maret 2020 Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah sudah menyurati Menteri Perdagangan RI, meminta proses percepatan pendistribusian dan penambahan kuota gula untuk Aceh.

Permintaan tersebut selain untuk memenuhi kebutuhan gula juga untuk menekan harga sehingga dapat dijual di bawah acuan ketetapan pemerintah, namun sayangnya saat ini meski pasokan melimpah tapi harganya masih tetap mahal.

Sementara di sisi lain, kebutuhan konsumsi gula di Aceh dengan jumlah penduduk 5,3 juta jiwa diperkirakan sebesar 4028,64 ton setiap bulannya.[]

Komentar

  Loading...