Dengan TMMD Pembukaan Jalan, Mimpi Warga Jadi Kenyataan

Dengan TMMD Pembukaan Jalan, Mimpi Warga Jadi Kenyataanacehnews.id|Safri
A A A

Selama ini masyarakat harus memutar jauh lewat Simpang Jaya-Teupin Mane, Kecamatan Juli menuju kota Bireuen yang diperkirakan 22 Km

Bireuen, Acehnews.id -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) diharapkan menjadi penghubung pembangunan yang diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen kepada masyarakat demi terwujud akses perekonomian.

Hal itu disampaikan Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH, MSi, pada pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 110, Kodim 0111/Bireuen.

"TNI menjadi mediator antara pemerintah dengan masyarakat dalam pembangunan. Tahun ini anggaran lebih kurang dialokasi Rp1,5 M, tahun depan kalau tidak ada refocussing kita tuntaskan," kata Bupati Muzakkar A Gani, Selasa 2 Maret 2021, di acara pembukaan TMMD, di Pendopo Bupati Bireuen.

Bupati Muzakkar, mengatakan sasaran pembangunan TMMD kali ini adalah jalan pusat tani, yaitu jalan yang bisa membuka akses terhadap masyarakat untuk bisa membawa hasil pertanian dengan mudah dan berjarak dekat ke pusat kota Bireuen.

Adapun jalan dikerjakan tersebut Menghubungkan ke Mon Mane dan Cot Meugo untuk menuju Blang Gandai.

Sementara Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe menyampaikan dipilihnya Gampong Alue Limeng sebagai penerima manfaat dari kegiatan TMMD ke 110 tahun 2021 karena berada di pedalaman Kecamatan Jeumpa.

Selama ini masyarakat harus memutar jauh lewat Simpang Jaya-Teupin Mane, Kecamatan Juli menuju kota Bireuen yang diperkirakan 22 Km. Namun dengan adanya pembukaan dan pengerasan jalan bisa menghemat waktu, dengan rute lebih dekat, kurang lebih 10 Km.

"Memang setelah kita cek di seluruh Kabupaten Bireuen, Alue Limeng berada di ujung di Kecamatan Jeumpa. Selama ini kita pikir Alue Limeng berada di Juli, rupanya masuk Jeumpa," kata Letkol Zainal Abidin Rambe

"Mereka mengatakan seperti mimpi dibukanya jalan itu, berjalan ke kota Bireuen semakin dekat, seperti menjawab doa doa mereka selama ini," imbuh Letkol Zainal.

Dandim Zainal Abidin pun yakin Pemkab Bireuen akan melanjutkan pengerjaan tersebut menjadi jalan aspal hotmix, sebagaimana yang didambakan oleh masyarakat setempat.

"Saya yakin pak Bupati akan meningkatkan (untuk hotmix)," ujar Letkol Zainal.

Pada pembukaan TMMD langsung diwarnai dengan pembangunan rumah semi permanen tipe 36 (bedah total), milik Mulyadi (34) seorang petani, warga yang kurang mampu di Dusun Blang Likot Apui, Gampong Alue Limeng yang sudah tidak layak ditempati lagi.

"Terima kasih yang banyak kepada TNI, khususnya Dandim dan Bupati Bireuen, yang sudah membantu pembangunan rumah saya, saya tidak menyangka mendapat reseki ini," ucap Mulyadi.

Sementara itu, Muhammad salah seorang warga di Alue Limeng, berharap kepada Bupati Bireuen agar jalan yang tersebut ke depan buat menjadi aspal demi memudahkan mereka dalam mengangkut hasil panen dari pertanian yang mereka geluti sebagai mata pencaharian utama.

"Kiranya bapak Bupati dapat memperhatikan jalan ini supaya di aspal tahun depan, hari ini beliau ke sini melihat langsung suasan kehidupan kami, semoga debu jalan ini dapat mengetuk hati bapak Bupati agar jalan di aspal," pinta Muhammad.

Komentar

  Loading...