Covid-19 Bukan Konflik

Menjadikan baca Quran sebagai denda, sungguh aneh dan tidak etis

Covid-19 Bukan Konflik
A A A

Oleh Wina SW1 [Penyair dan Peneliti di Aceh]

Acehnews.id,  Banda Aceh - Jadi lucu sekali kalau diberlakukan jam malam untuk caffee dan restoran. Virus itu tidak  cuma gentayangan pada malam hari tapi setiap saat.  Justru di malam pengunjungnya lebih sedikit dibandingkan pagi-sore.

 Daripada memberlakukan jam malam, lebih baik membuat petunjuk khusus agar warga bisa tetap beroperasi seperti biasa dengan meminimalkan risikonya. Misalnya, setiap tempat umum,  termasuk kafe dan resto, wajib punya tempat cuci tangan, handsanitizer, mengatur jarak tempat duduk,  dan sebagainya. Juga mengimbau masing-masing pengunjung/individu melindungi dirinya dan orang lain.

Pademi ini adalah bencana.  Kita tak mungkin lari darinya tapi bisa meminimalkan risikonya dengan mengikuti protokol C19. Memberdayakan masyarakat agar lebih sadar dan paham untuk melindungi dirinya dan org lain. Misalnya kampanye: mengapa lebih baik di rumah saja daripda duduk di warkop dan lain-lain.

 Pademi ini diperkirakan masih panjang. Jadi kita harus berpikir lebih bijak. Kalau Cuma sampai jam 11 malam, bagaimana buat mereka yang kerja shift malam.  Mereka  akan kehilangan pemasukan. para supir yang baru tiba mengangkut penumpang pada malam hari, mereka yang tempat usahanya cuma buka mlm. Mungkin kita dan pemda perlu memikirkan cara yang lebih pintar.

Juga terkait pemberian denda. Pemberian denda dan sanksi itu bagus. Tapi menjadikan 'baca al quran' sebagai denda, sungguh aneh dan tidak etis. Membaca Quran adalah kewajiban kita sebagai Muslim. Dan saya percaya, sebagai Muslim, kita semua bisa membaca Quran dan melakukannya setiap hari.

Lebih baik kalau dendanya diberikan berupa kerja sosial. Misalnya  membersihkan sampah, menanam pohon, atau hal-hal  lain yang bisa memberi efek positif pd lainnya.

Kalau dendanya baca Quran. Orang akan berpikir: bah mantong hana pake masker. euntreuk paling geuyu beut,  peu susah, ta beut mantong, meutume pahala lom....

Itu contohnya. Para petugas satpol yang bertugas juga sebaiknya langsung memberi contoh. Saat bepatroli, memakai masker dan menjaga jarak jg dlm mobil patrolinya. Maaf, kala kurang berkenan.[]

Komentar

  Loading...