BPBD Nagan Raya Ingatkan Bahaya Kebakaran di Musim Kemarau

BPBD Nagan Raya Ingatkan Bahaya Kebakaran di Musim KemarauIlustrasi
Sumber: Internet
A A A

Suka Makmue, acehnews.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya, mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bahaya kebakaran di musim kemarau.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nagan Raya, Irfanda Rinadi, S. STP kepada acehnews.id, Senin 8 Februari 2021 mengatakan, saat ini sedang musim kemarau saat ini, warga diminta meningkatkan kewaspadaan akan potensi kebakaran, baik itu kebakaran hutan, lahan maupun poteni kebakaran di pemukiman tempat tinggal penduduk.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Nagan Raya, Irfanda Rinadi, S. STP

Irfanda berharap masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas pembakaran lahan, membakar sampah secara sembarangan, guna untuk mewaspadai kebakaran di musim kemarau.

"Kalaupun terpaksa membakar sampah, sebaiknya selama proses pembakaran berlangsung harus dijaga, supaya api yang membakar sampah itu tidak merembes ke tempat yang lain," katanya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan Undang Undang kehutanan menyatakan, pembakaran hutan merupakan pelanggaran hukum yang diancam dengan sanksi pidana dan denda, seperti tertuang dalam pasal 78 ayat 3 UUD 41/1999, pembakaran hutan dengan sengaja, dikenakan pidana paling lama 15 tahun dan denda paling banyak 5 Miliar.

Menurut Irfanda, wilayah yang rawan kebakaran antara lain, Kecamatan Tadu Raya, Tripa Makmur, Darul Makmur serta Kecamatan Kuala Pesisir.[]

Komentar

  Loading...