Robert Lewandowski Terpilih Sebagai Pemain Terbaik Eropa Musim 2019/20

Robert Lewandowski Terpilih Sebagai Pemain Terbaik Eropa Musim 2019/20Getty Images
Robert Lewandowski Penyerang Bayern Munich
A A A

Acehbews.id - Striker Bayern Munich Robert Lewandowski terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa Tahun Ini untuk musim 2019/20 oleh UEFA.

Lewandowski berhasil mengalahkan gelandang Manchester City Kevin De Bruyne, Pemain Terbaik PFA Tahun Ini di Inggris, dan rekannya, kiper Bayern Manuel Neuer.

Penghargaan sebagai Pelatih Terbaik UEFA Tahun Ini jatuh kepada pelatih Bayern Hansi Flick, yang berjasa membawa klub mendominasi di Jerman dan Eropa. Untuk pelatih terbaik wanita, pilihan mengarahkan kepada arsitek Olympique Lyon, Jean-Luc Vasseur.

Bayern merupakan juara Liga Champions musim 2019/20, dan klub besutan Flick itu juga meraih treble winners, ditambah Bundesliga Jerman dan DFB-Pokal.

Lewandowski, pemain asal Polandia berusia 32 tahun, menikmati musim paling produktif dalam kariernya sejauh ini. Dari 47 penampilan untuk Bayern pada musim lalu, sang striker mampu mencetak 55 gol, termasuk 15 gol dari sepuluh penampilan di ajang Liga Champions.

Dalam tahun kalender 2020, Lewandowski mencetak 26 gol sampai ia membawa Jerman meraih gelar Piala Super Eropa di awal musim 2020/21 ini.

Berkat kontribusinya, Lewandowski menjadi pesaing untuk Ballon d'Or, namun penghargaan individual itu telah dibatalkan oleh France Football di tengah pandemi virus corona yang hingga kini masih berlangsung. 

Meski begitu, UEFA tetap memberikan penghargaan untuk yang terbaik pada musim 2019/20, dan Bayern mendominasi dalam daftar tersebut.

Lewandowski merupakan pemain ke-11 dari Bundesliga yang meraih penghargaan ini.

Franck Ribery, salah satu pemain yang pernah membintangi Bayern di panggung terbesar di sepakbola klub Eropa, adalah orang terakhir dari Bundesliga yang berhasil meraih penghargaan ini, yakni pada 2013.

Pernille Harder, yang baru-baru ini bergabung ke Chelsea, memenangkan penghargaan sebagai Pemain Terbaik Eropa Wanita Tahun Ini menyusul performa apiknya untuk Wolfsburg. Klub Jerman itu dikalahkan Lyon di final Liga Champions, namun Harder mengalahkan dua pemain Lyon, Wendie Renard dan Lucy Bronze, untuk gelar individual ini. 

Meski gagal menggusur Lewandowski, kapten Bayern Neuer dinobatkan sebagai Kiper Terbaik Eropa Tahun Ini, mengalahkan Keylor Navas (Paris Saint-Germain) dan Jan Oblak (Atletico Madrid). Neuer bermain di setiap menit pertandingan Bayern di Eropa, dengan menjaga enam clean sheet dan hanya kebobolan delapan gol dari 11 laga.

Kiper Lyon Sarah Bouhaddi terpilih sebagai Kiper Terbaik Eropa Wanita Tahun Ini, dengan hanya kebobolan dua kali dari tujuh pertandingan ketika ia memenangkan Liga Champions Wanita yang ketujuh.

Untuk posisi sebagai Bek Terbaik Eropa Tahun Ini, pilihan juga jatuh kepada pemain Bayern, Joshua Kimmich, yang mengalahkan dua rekan setimnya, David Alaba dan Alphonso Davies.

Pemain Lyon, Renard, terpilih sebagai Bek Terbaik Eropa Wanita Tahun Ini setelah ia juga meraih gelar Liga Champions Wanita yang ketujuh.

De Bruyne terpilih sebagai Gelandang Terbaik Eropa Tahun Ini, setelah penampilan bagusnya bersama The Citizens pada musim lalu. Ia mengalahkan Thiago, pemain Bayern yang sudah pindah ke Liverpool, dan Thomas Muller. Pemain asal Jerman, Marozsan, dinobatkan sebagai gelandang terbaik untuk kategori wanita.

Sementara itu, Lewandowski, topskor Liga Champions, juga memenangkan penghargaan sebagai Striker Terbaik Eropa Tahun, untuk melengkapi capaian prestasi individual dan klub pada musim lalu. Harder dinobatkan sebagai striker terbaik untuk kategori wanita.[]

Sumber:Goal
Falevi Kirani Idul Fitri
Iklan BPD Idul Fitri
ESDM Idul Fitri

Komentar

  Loading...