Ancaman Durhaka pada Orang Tua dan Memutus Silaturahim

Ancaman Durhaka pada Orang Tua dan Memutus Silaturahim
Ancaman Durhaka pada Orang Tua dan Memutus Silaturahim. Anak-anak dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) melakukan aksi basuh telapak kaki ibu di LPKA Tangerang, Banten, Selasa (17/4).
A A A

Durhaka kepada orang tua termasuk dalam tiga dosa besar.

acehnews.id -- Allah melarang siapa pun yang mendurhakai orang tua dan memutus silaturahim. Balasan bagi mereka yang melakuka dua hal tersebut tercantum dalam Alquran.

Dijelaskan dalam buku Riyadhus Shalihin oleh Imam an-Nawawi, Allah berfirman dalam surat Muhammad ayat 22-23:

فَهَلْ عَسَيْتُمْ اِنْ تَوَلَّيْتُمْ اَنْ تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ وَتُقَطِّعُوْٓا اَرْحَامَكُمْ

اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ لَعَنَهُمُ اللّٰهُ فَاَصَمَّهُمْ وَاَعْمٰٓى اَبْصَارَهُمْ

“Maka apakah sekiranya kamu berkuasa, kamu akan berbuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan?  Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah; lalu dibuat tuli (pendengarannya) dan dibutakan penglihatannya.”

Sementara itu, larangan mendurhakai orang tua sudah jelas diterangkan dalam surat al-Isra’ ayat 23-24:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."

Selain di ayat Alquran, beberapa hadits Nabi juga menjelaskan terkait dua hal tersebut. Salah satu hadits Nabi menyebut, durhaka kepada orang tua termasuk dalam tiga dosa besar.

Dari Abdullah bin Amr bin al-Ash, dari Nabi, beliau bersabda, “Dosa-dosa besar yaitu mempersekutukan Allah, mendurhakai kedua orang tua, membunuh orang, dan sumpah palsu,” (HR Bukhari 11/6675).

Sedangkan bagi mereka yang memutuskan hubungan keluarga, mereka tidak akan masuk surga. Dari Abu Muhammad, Jubair bin Muth’im, Rasulullah bersabda, “Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan.” Sufyan mengatakan maksudnya orang yang memutuskan hubungan keluarga (HR Bukhari 10/5984 dan Muslim 2556).

Sumber:Republika

Komentar

  Loading...