AMM SAKA Tuding DPRK Subulussalam Acuh Terkait Konflik HGU PT Laot Bangko

AMM SAKA Tuding DPRK Subulussalam Acuh Terkait Konflik HGU PT Laot Bangko
Patok lama HGU PT Laot Bangko, Desa Batu Napal, Kecamatan Sultan Daulat
A A A

Banda Aceh, Acehnews.id - Aliansi Mahasiswa Masyarakat Sada Kata (AMM–SAKA) menilai Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Subulussalam tidak peka terhadap persoalan yang terjadi ditengah masyarakat.

Sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nomor 15/HGU/KEM-ATR/BPN/II/2021 tentang Perpanjangan Jangka Waktu Hak Guna Usaha Atas Nama PT Laot Bangko Atas Tanah Di Kota Subulussalam Provinsi Aceh, pada 21 Februari 2021 lalu.

Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Subulussalam belum mengeluarkan sikap mendukung atau menolak diperpanjangnya HGU Laot Bangko kendati masih bersengketa dengan masyarakat setempat.

Muzir Maha, Ketua AMM SAKA dalam keterangannya menyampaikan DPRK Subulussalam apatis terhadap kisruh yang terjadi selama ini.

Muzir, mengingat bahwa Ketua DPRK Sebagai pimpinan pada lembaga tersebut, memiliki wewenang untuk menampung tuntutan masyarakat dengan mengangendakan RDP dengan pihak perusahaan dan eksekutif.

Menurutnya, hal itu guna mencari solusi keluhan masyarakat terkait HGU PT Laot Bangko.

“Bila melihat perjalanan perkebunan PT Laot Bangko sejak terbit izin HGU pada tahun 1989, banyak sekali ketimpangan dan ketidak sesuaian yang dilakukan perusahaan PT Laot Bangko selama 30 tahun berdiri, dampak pada kerugian masyarakat baik dari segi lingkungan maupun dari tanggung jawab sosial lainnya,” kata Muzir.

Muzir menilai mestinya ada tekanan dari legislatif dan eksekutif agar ada pembenahan yang bisa saling menguntungkan antara masyarakat Subulussalam dan pihak perusahaan.

"Seharusnya DPRK berani mencari jalan keluar, saya tidak tahu apakah dia takut melaksanakan RDP dengan Pemkot, karena Walikotanya ayah kandungnya sendiri," tambah Muzir.

Anehnya, DPRK lebih memilih kunker ke luar daerah dari pada mneyelesaikan konflik masyarakat  terkait HGU PT Laot Bangko.[]

Komentar

  Loading...