562 Gampong di Bireuen Belum Ajukan Pecairan Dana Desa

562 Gampong di Bireuen Belum Ajukan Pecairan Dana Desa
Ilustrasi |Foto: republika.co.id
A A A

Bireuen, acehnews.id -- Sebanyak 562 Gampong (Desa-red) di Kabupaten Bireuen belum mengajukan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Gampong (ADG) tahap pertama untuk tahun 2021. Padahal, saat ini sudah memasuki pertengahan bulan Februari 2021.

Hanya 47 Gampong yang sudah mengirimkan usulan pencairan DD dari 6 Kecamatan, di antaranya yaitu 12 Gampong dari Kecamatan Jangka, 11 Gampong dari Kecamatan Samalanga,  9 Gampong dari Kecamatan Juli, 9 Gampong dari Kecamatan Peulimbang, 5 Gampong dari Kecamatan Jeunieb dan 1 Gampong dari Kecataman Kota Juang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Mulyadi SH, kepada acehnews.id, Senin, 15 Februari 2021.

"Sampai saat ini baru 47 Gampong yang sudah mengajukan pencairan DD untuk tahap pertama, sedangkan 562 belum mengajukan," sebut Mulyadi SH.

Dikatakan, ke 47 usulan DD yang sudah diajukan ke pihaknya sudah diteliti dan diperiksa, saat ini pun sudah diajukan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Lhokseumawe untuk mempercepat proses pencarian DD sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

"Untuk mempercepat proses pencairan tahap pertama, sudah kita ajukan ke KPPN Lhokseumawe," kata Mulyadi.

Kendala pencairan DD tahap pertama, kata Mulyadi, diakibatkan karena keterlambatan dari Gampong yang belum semuanya mengirimkan. Kalaupun sudah diusulkan, akan segera diverifikasi dan diproses secepatnya oleh petugas di DPMGP-KB Bireuen.

"Kalau ada yang usulkan, langsung diproses, tidak kami tahan-tahan, setelah diperiksa dan lengkap langsung diajukan ke KPPN, walaupun yang ajukan satu gampong, kendala karena tidak diajukan oleh gampong kepada kami," lanjut dia.

Oleh sebab itu, Ia berharap Pemerintahan Desa dapat segera menyelesaikan usulan, agar tidak terjadi keterlambatan dalam proses penyaluran DD tahap pertama.

“Saya mengimbau kepada perangkat gampong lainnya yang belum mengirimkan usulan, melengkapi semua persyaratan, agar dapat segera mengirimkan pengusulan pencairan kepada DPMGP-KB sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Mulyadi.[]

Komentar

  Loading...