2,7 T Anggaran Pokir Dibatalkan, DPRA: Dana yang Kami Usulkan Tidak Sebesar Itu

2,7 T Anggaran Pokir Dibatalkan, DPRA: Dana yang Kami Usulkan Tidak Sebesar Itu
Foto: Gedung DPR Aceh (Agus Setyadi-detikcom)
A A A

Banda Aceh, acehnews.id -- Ketua Komisi II DPRA Irfannusir mengaku terkejut dengan banyaknya anggaran pokir anggota dewan yang dianggarkan dalam anggaran APBA 2021.

"Program usulan masyarakat melalui anggota DPR yang dibatasi oleh eksekutif itu masing-masing 15 milyar. Kalau dikalkulasikan dengan seluruh anggota dewan yang berjumlah 81 orang, dan taruhlah ada nilai lebih yang dimiliki oleh unsur ketua dewan, jumlahnya sekitar 1,4 T. Ini tau-tau kok bisa muncul 2,7 T, itu kan terlalu banyak. Sementara yang merasa kita usulkan di angka 1,4 T," ujar Irfannusir saat diminta tanggapannya mengenai pembatalan anggaran pokir anggota DPRA TA 2021 oleh Kemendagri, Kamis, 7 Januari 2021.

Lebih lanjut politisi PAN ini menerangkan, angka 1,4 trilyun itu telah dikonsultasikan ke Kemendagri dan masih dalam ambang batas legal untuk dimasukkan kedalam SIPD.

"Kan ini sudah kita usulkan semua kedalam SIPD dan telah disahkan serta disetujui oleh Kemendagri. Ketika muncul angka 2,7 T, baru terbit surat edaran Kemendagri yang melarang pokir anggota DPRA masuk kedalam anggaran 2021, karena terlalu banyak," terang dia.

Ketika disinggung mengenai sisa anggaran pembatalan sebanyak 1,3 trilyun, Irfannusir mengaku tidak tahu menahu dana yang sejatinya milik rakyat itu milik siapa.

"Sisanya 1,3 T itu dari mana? Ini penumpang gelap dari mana? Sebagai Ketua Komisi II, saya tidak tahu ini program usulan siapa," tegas Irfan.

Seperti yang telah diketahui, Kemendagri telah melakukan evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2021. Dalam surat keputusannya tentang evaluasi raqan APBA 2021 pada halaman 78 poit (e) bahwa Pokir-pokir DPRA sebesar Rp2,7 triliun yang tidak sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dilarang dimasukan ke dalam Qanun APBA 2021.

“Berkaitan dengan hal tersebut, penyediaan anggaran yang bersumber dari pokok-pokok pikiran DPRA Rp2.742.000.OO0.0O0,00 atau 16,14% dari  total  belanja daerah dalam Rancangan Qanun Aceh tentang APBA Tahun Anggaran 2O21, dilarang untuk dianggarkan dalam Rancangan Qanun Aceh tentang APBA Tahun Anggaran 2021, apablla alokasi anggaran tersebut tidak melalui tahapan sebagaimana maksud dalam Pasal 178 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017,” tulis Keputusan Mendagri dalam dokumen hasil evaluasi Raqan APBA 2021 hari ini, Kamis, 7 Januari 2021.[]

Komentar

  Loading...